Timur Tengah

AS pura-pura perangi ISIS, kata PM Turki

2.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:32
03 JAN 2017
Binali Yildirim
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Daily Mail

Rimanews - Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menuding Amerika Serikat hanya berpura-pura memerangi ISIS di Suriah, seraya menegaskan bahwa negaranya bertekad untuk terus melawan segala bentuk terorisme.

Yildirim mengatakan, militer Turki berhasil membunuh lebih dari 1.200 militan ISIS sejak terlibat aktif secara militer di Suriah utara Agustus lalu. Dia menambahkan, Turki memimpin perlawanan paling efektif melawan kelompok teroris tersebut.

"Mereka (AS) hanya berpura-pura memerangi ISIS. Turki merupakan satu-satunya negara yang memimpin perlawanan (terhadap terorisme). AS tidak melakukan apa-apa," kata Yildirim dalam pertemuan anggota parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Ankara hari ini, dikutip dari The Associated Press.

Dalam kesempatan tersebut, Yildirim juga mengecam pemerintahan Barack Obama karena terus memberikan dukungan kepada kelompok Kurdi di Suriah, yang masuk dalam daftar teroris Turki. Dia mendesak Presiden terpilih AS Donald Trump yang akan dilantik pada 20 Januari nanti mengakhiri tindakan memalukan ini.

Pertemuan dengan anggota parlemen AKP digelar sehari setelah ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kelab malam di Istanbul pada malam tahun baru yang menewaskan 39 orang.

Kantor berita Anadolu mengatakan, total sudah ada 14 orang yang ditangkap terkait serangan tersebut. Mereka sedang diinterogasi di markas Kepolisian Istanbul. Anadolu tidak memberikan rincian tentang orang-orang yang ditangkap.

Anadolu hanya menambahkan bahwa polisi mendapat sejumlah laporan dari masyarakat setelah mempublikasikan foto dan video yang menunjukkan terduga pelaku serangan yang sampai saat ini belum diungkap jati dirinya.

Terbaru
13 Januari 2017 | 21:29
Iran boleh impor 130 ton uranium
12 Januari 2017 | 06:15
Maroko larang produksi cadar
6 Januari 2017 | 17:36
Rusia tarik kapal induk dari Suriah
28 Desember 2016 | 15:09
Erdogan sebut negara Barat dukung ISIS
Timur Tengah
Berita Terkait
22 Desember 2016 | 19:46
14 tentara Turki tewas di Suriah