Timur Tengah

Bom bunuh diri di pasar Baghdad tewaskan 6 orang

1.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
06:35
09 JAN 2017
Ilustrasi
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Xinhuanet

Rimanews - Enam orang tewas dan 13 orang lagi cedera dalam pemboman bunuh diri di satu pasar di Ibu Kota Irak, Baghdad, pada Ahad (08/01/2017).

Seorang pembom bunuh diri yang memakai rompi peledak meledakkan dirinya di satu pasar yang terkenal dan padat pengunjung di Permukiman Baladiyat, yang kebanyakan warganya pemeluk Syiah. Ledakan itu membuat banyak toko dan kios di dekatnya hancur dan membakar beberapa kendaraan di dekatnya, kata sumber dari kepolisian. 

Sebelumnya di hari yang sama, seorang lagi pembom bunuh diri meledakkan bom mobilnya di satu pos pemeriksaan pasar sayuran di persimpangan yang ramai, Jamila, di Permukiman Kota Sadr, sehingga menewaskan 11 orang dan melukai 25 orang lagi.

Serangan tersebut dilancarkan saat pasukan keamanan Irak, yang didukung oleh koalisi internasional anti-ISIS, melancarkan serangan besar guna mengusir petempur ISIS dari kubu utama terakhirnya di Mosul dan sekitarnya.

Banyak orang menuduh AS, yang menyerbu dan menduduki Irak pada Maret 2003, sebagai penyebab ketidak-stabilan kronis, lingkaran kerusuhan dan kemunculan kelompok fanatik.