Timur Tengah

Kapal AS lepaskan tembakan peringatan ke kapal Iran di Selat Hormuz

2.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:26
10 JAN 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Reuters

Rimanews - Kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat melepaskan tiga tembakan peringatan ke arah empat kapal cepat Iran di dekat Selat Hormuz setelah mereka mendekat dengan kecepatan tinggi dan mengabaikan permintaan untuk melambat.

"Ini merupakan tindakan tidak profesional dan tidak aman karena mereka mendekat dengan kecepatan tinggi dan membawa senjata dan mengabaikan peringatan berulang," kata juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis.

USS Mahan melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal Garda Revolusi Iran setelah gagal menjalin kontak melalui radio, tambah Davis, sama seperti yang dikatakan beberapa pejabat pertahanan AS.

Para pejabat, yang tak ingin namanya disebut itu, mengatakan jarak antara kapal Iran dan USS Mahan, yang mengawal dua kapal militer AS lainnya, hanya 800 meter saat insiden.

Selain melepaskan tembakan peringatan, USS Mahan juga menembakkan suar ke udara dan helikopter AL AS menjatuhkan smoke float sebelum tembakan peringatan dilepaskan.

Gedung Putih mengatakan tindakan kapal Iran tidak dapat diterima dan menambahkan bahwa insiden semacam itu dapat meningkatkan ketegangan.

"Saat ini, AS tidak mengetahui apa maksud kapal Iran, tapi tindakan itu tak dapat diterima karena USS Mahan berlayar di perairan internasional," kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest dalam konferensi pers Senin.

KATA KUNCI : , , , ,