Timur Tengah

AS, Israel, Mesir dan Yordania gelar rapat rahasia soal Palestina

3.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
06:32
20 FEB 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengadakan pertemuan rahasia dengan mantan menteri luar negeri Amerika Serikat John Kerry, Presiden Mesir Abdel-Fattah El Sisi, dan Raja Yordania Abdullah II di Yordania tahun lalu untuk membahas permasalahan Palestina.

Dalam laporan eksklusifnya, harian Israel Haaretz mengutip pejabat senior era pemerintahan Barack Obama yang mengungkapkan pertemuan tersebut kemarin. Menurut pejabat itu, pertemuan rahasia antara AS, Israel, Mesir, dan Yordania di gelar di resor Laut Merah Aqaba pada 21 Februari 2016, dikutip dari Press TV.

Konferensi tingkat tinggi rahasia itu digelar untuk mendengarkan pemaparan "inisiatif perdamaian" oleh Kerry, termasuk pengakuan terhadap Israel sebagai negara Yahudi dan memulai kembali negosiasi dengan Palestina dengan bantuan negara-negara Arab.

Inisiatif itu batal setelah Netanyahu menarik dukungannya dengan alasan bahwa ia menghadapi banyak penentangan keras di dalam partainya, Likud. Pemimpin Otoritas Palestina Mahmoud Abbas tidak ikut dalam pertemuan tersebut, tapi diberitahu soal hasilnya oleh Kerry.

Rencana, yang enam prinsipnya diumumkan Kerry tahun lalu, termasuk seruan agar rezim Israel menarik diri dari wilayah yang mereka duduki sejak Perang Enam Hari 1967 berakhir. Selain itu, Israel dan Palestina juga diminta untuk bersedia membagi kekuasaan di Yerusalem dan menjadikan Al Quds ibu kota bersama.