Timur Tengah

Oposisi Suriah punya bukti hubungan dekat Assad dengan ISIS

4.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:08
27 FEB 2017
Dok. Militan ISIS di Irak.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Oposisi pemerintah Suriah mengaku memiliki bukti visual yang mengonfirmasi kedekatan Presiden Bashar Al Assad dengan kelompok ISIS.

Kolonel Fateh Hassoun, anggota delegasi oposisi Suriah, mengatakan dalam diskusi di Jenewa, Swiss, bahwa salah satu bukti yang mereka miliki adalah saat Assad menyerahkan kota Palmyra ke ISIS sebanyak dua kali. Hassoun menambahkan bukti-bukti itu akan "diserahkan kepada PBB", dikutip dari Al Arabiya hari ini.

Hassoun sebelumnya juga menyatakan serangan di Homs dilakukan pasukan pemerintah dan bahwa oposisi memiliki bukti koordinasi yang dilakukan antara ISIS dan rezim selama perang Suriah.

Serangan bom bunuh diri yang terjadi di kota Homs pada Sabtu menyebabkan 42 orang tewas. 

Naser Al Hariri, anggota delegasi oposisi Suriah lainnya, menuduh perwakilan pemerintah berusaha menyabotase negosiasi, yang dihadiri sedikitnya lima utusan dari pihak-pihak yang berseteru serta Moskow dan Kairo.

Selain itu, delegasi pemerintah juga tidak mau mengakui serangan udara yang mereka lakukan terhadap warga sipil selama perang.

Al Hariri menegaskan "posisi kami jelas dalam mengutuk segala bentuk terorisme dan serangan teroris" sebagai tanggapan atas ucapan anggota delegasi Suriah, Bashar Al Jaafari yang meminta mereka mengutuk serangan di Homs. Al Jaafari mengancam akan melabeli delegasi oposisi sebagai teroris jika tidak melakukannya.

KATA KUNCI : , , , , ,