Timur Tengah

PBB: rezim Suriah sengaja serang konvoi bantuan kemanusiaan

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:36
02 MAR 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Angkatan Udara Suriah menjatuhkan bom barel dari helikopter di atas konvoi bantuan PBB lalu menembakkan roket dari jet tempur sebelum kemudian memberondong korban selamat dengan senapan mesin, kata penyelidik PBB dalam laporannya.

Penyelidik PBB menyimpulkan pada Rabu (01/03) bahwa militer Suriah dengan sengaja menembaki konvoi bantuan PBB dan menyebut tindakan keji itu sebagai kejahatan perang, dikutip dari The New York Times.

Serangan yang menewaskan 14 pekerja bantuan dan memicu kemarahan global, "direncanakan dengan cermat" dan "dilakukan dengan kejam", kata laporan PBB.

Laporan PBB menyebut serangan terhadap konvoi bantuan di Suriah sebagai "salah satu (kejahatan perang) paling mengerikan" yang dilakukan rezim Bashar Al Assad selama lima bulan berupaya menguasai kembali Aleppo timur dari tangan gerilyawan, yang sudah mengendalikannya sejak 2012.

Laporan komisi penyelidikan PBB yang selama ini diberi tugas untuk memantau perang Suriah selama bertahun-tahun, merupakan penilaian resmi yang paling keras terhadap rezim Assad.