Timur Tengah

Irak temukan harta karun kerajaan Asiria di terowongan ISIS

15.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:50
08 MAR 2017
Tentara Irak berdiri di samping temuan arkeologi di terowongan yang dibangun ISIS di Mosul. Foto: The Guardian
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Arkeolog Irak menemukan harta karun berbentuk ukiran peninggalan kerajaan Asiria di terowongan yang digunakan anggota ISIS untuk melarikan diri dari Mosul.

ISIS membangun terowongan tersebut setelah meledakkan masjid abad ke-12 yang diyakini menjadi lokasi makam nabi Yunus. Relief batu berukir yang ditemukan tim arkeolog yang dipimpin Saleh Noman diyakini berasal dari abad ke-5 atau 6 sebelum Masehi.

"Sejauh ini, kami baru melihat foto kualitas rendah, tapi sangat menarik," kata Sebastian Rey, arkeolog yang memimpin Program Manajemen Warisan Budaya Darurat di Museum Inggris, dikutip dari the Guardian, hari ini. "Saya bertemu Saleh di konferensi UNESCO di Paris 10 hari lalu, dan dapat mendiskusikan penemuan ini dengannya dan melihat foto-fotonya, dan tidak diragukan lagi mereka menemukan sesuatu yang sangat penting.

Menurut Rey, relief yang ditemukan di terowongan ISIS itu unik karena memiliki fitur yang belum pernah ia lihat sebelumnya di tempat lain. Relief yang ditemukan Noman dan rekan-rekannya sama sekali tidak terlihat seperti peninggalan-peninggalan Asiria yang sudah kami miliki di museum, tambah Rey.

"Kami juga mendapatkan laporan lain, tapi belum ada foto, bahwa mereka menemukan dua lamassu, tokoh banteng bersayap yang terkenal, yang akan menunjukkan bahwa mereka mungkin ditempatkan mengapit pintu masuk menuju istana, dengan candi berbagai bentuk sebagai paviliun," kata Rey.

"Para arkeolog itu sungguh berani. Mereka bekerja di tengah bahaya ekstrem, karena (terowongan) itu dapat runtuh kapan saja. Ketika penggalian dapat dilakukan dengan aman dan menyeluruh, ini akan menjadi operasi besar, dan membutuhkan banyak sumber daya yang artinya juga membutuhkan dukungan internasional."

Terbaru
24 Maret 2017 | 18:46
Diktator Mesir dibebaskan