Timur Tengah

Pasukan Suriah gempur gerilyawan di Damaskus

3.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:21
20 MAR 2017
Dok. Relawan menggendong anak Suriah korban serangan udara. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Daily Mail

Rimanews - Hujan bom terjadi di daerah kekuasaan gerilyawan di ibu kota Suriah, Damaskus, setelah tentara rezim menghadang serangan mendadak pasukan oposisi yang mencoba masuk ke pusat kota.

Gerilyawan, dipimpin kelompok Jabhat Fath Ash Sham, melancarkan serangan pada Minggu (19/03) pagi terhadap pasukan pemerintah di Damaskus timur. Awalnya, mereka berhasil mengalahkan tentara rezim Bashar Al Assad, tapi kemudian dipukul mundur pada Minggu malam. Senin pagi, kampanye serangan udara membabi buta pasukan pemerintah pun dimulai, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

"Terjadi serangan udara intensif sejak shubuh di daerah kekuasaan oposisi di Jobar," kata ketua observatorium Suriah, yang bermarkas di Inggris, Rami Abdel Rahman, dikutip dari AFP.

"Pasukan pemerintah dan sekutu mengambil alih inisiatif dan menyerang kelompok-kelompok yang melancarkan serangan kemarin," tambahnya.

Abdel Rahman mengatakan, tidak mengetahui secara pasti jet tempur milik Rusia atau rezim Assad yang melancarkan serangan di Jobar.

Aktivis media di Jobar mengatakan, sedikitnya 40 serangan udara terjadi di kota tersebut sejak Senin shubuh dan merilis video yang menunjukkan asap hitam menyelimuti bangunan yang hancur akibat terkena bom.

Pada Minggu, gerilyawan mengambil alih sejumlah bangunan di Jobar dan terus maju hingga ke Abbasid Square. Ini merupakan pertama kalinya gerilyawan berhasil masuk ke distrik tersebut dalam dua tahun terakhir.

Pertempuran di Jobar menewaskan 26 pasukan rezim dan 21 gerilyawan, kata Abdel Rahman. Dia belum mengetahui jumlah korban dalam serangan udara pada Senin.

Timur Tengah