Timur Tengah

Gempa 6,1 SR guncang Iran, 1 tewas

6.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:05
05 APR 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah dekat kota suci Syiah Mashhad, Iran, hari ini, menurut laporan media setempat. Satu orang tewas akibat gempa yang terjadi di daerah Sepid Sang, sekitar 80 kilometer dari Mashhad, pada pukul 10.39 waktu setempat tersebut.

"Mengerikan. Menimbulkan banyak suara bising. Semuanya bergoyang," kata seorang warga Mashhad kepada AFP melalui telepon. 

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa, yang juga melukai sejumlah orang dan menyebabkan kerusakan cukup parah tersebut, terjadi pada kedalaman 13 kilometer.

Gubernur setempat mengatakan di stasiun televisi pemerintah bahwa gempa mengguncang wilayah yang luas.

Juru bicara layanan darurat Mojtaba Khaledi mengatakan, jumlah korban di desa-desa dan kota kecil mungkin besar, seperti dikutip kantor berita pemerintah IRNA.

Tim Bulan Sabit Merah dan layanan darurat sudah dikerahkan ke area bencana, tambahnya.

Seorang pejabat Bulan Sabit Merah mengatakan, korban tewas berasal dari desa dekat kota Fariman dan sedikitnya ada empat orang yang terluka.

Iran berada di garis patahan utama dan sering dilanda gempa bumi. Tahun 2003, gempa bumi menewaskan sedikitnya 31 ribu orang dan menghancurkan kota bersejarah Bam di tenggara negara tersebut.

KATA KUNCI : , , , ,
Timur Tengah