Timur Tengah

Ahmadinejad: AS tak berani ganggu Iran

8.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:18
16 APR 2017
Mahmoud Ahmadinejad
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Foxnews

Rimanews - Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, Amerika Serikat tidak akan berani mengganggu Iran karena merupakan negara kuat. Pernyataan tersbut dibuat Ahmadinejad tiga hari setelah mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden untuk ketiga kalinya.

Ahmadinejad menegaskan, serangan AS terhadap Suriah bukanlah pesan peringatan bagi negaranya.

"Saya merasa itu bukan pesan untuk Iran. Iran adalah negara kuat dan orang seperti (Donald) Trump atau pemerintah Amerika Serikat tak dapat mengganggu Iran," katanya kepada The Associated Press, kemarin, dikutip dari Fox News.

Iran merupakan sekutu utama rezim Bashar Al Assad, yang sedang berupaya memadamkan api revolusi di Suriah, dan terlibat aktif secara militer di medan tempur melawan gerilyawan.

Seperti kandidat-kandidat lainnya, pencalonan diri pria 60 tahun itu akan dikaji dan harus disetujui oleh Dewan Pengawas, yang akan mengumumkan hasilnya pada 27 April.

Selain mengatakan Iran negara kuat, Ahmadinejad juga mengungkapkan alasan mengapa Hillary Clinton kalah dari Trump dalam Pemilu AS versi dirinya.

"Mereka yang berperan sebagai sutradara harus memberikan peran (presiden) kepada orang yang bisa memerankannya dengan baik. Seorang wanita tak dapat memasang wajah perang dengan baik," katanya. "Pria dapat melakukannya dengan baik. Mereka harus menunjuk seseorang dan menyebutnya sebagai orang yang sangat berbahaya."

Tapi, Ahmadinejad menambahkan, gaya bicara Gedung Putih yang agresif terhadap Teheran hanya bualan politik semata karena sebagai pengusaha yang memiliki kepentingan di banyak negara, Trump pasti lebih memilih menghindari peperangan.

"Jika dia berbahaya, dia tidak akan memiliki aset sebanyak US$ 70 miliar (Rp 930,23 triliun). Namun, dia tak punya pilihan lain selain memainkan perannya," kata Ahmadinejad.

Terbaru
5 April 2017 | 12:40
ISIS sebut Trump idiot
Timur Tengah