Kumpulan Berita Dahlan Terbaru
Terbaru
Dahlan Iskan: Saya Harus Minta Maaf kepada Istri

Rimanews - Mantan Dirut PLN, Dahlan Iskan menyatakan dirinya menerima penetapan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan gardu listrik di Jawa, Bali, Nusa Tenggara. Dahlan mengaku siap bertanggung jawab.

"Setelah ini saya akan mempelajari apa yang sebenarnya terjadi dengan proyek-proyek gardu induk tersebut karena sudah lebih dari tiga tahun saya tidak mengikuti perkembangannya. Saya akan minta teman-teman direksi PLN untuk mengizinkan saya melihat dokumen-dokumen lama karena saya tidak punya dokumen itu," katanya.

"Saya ambil tanggung jawab ini, karena saya sebagai KPA memang harus tanggung jawab atas semua proyek itu, termasuk apa pun yang dilakukan anak buah. Semua KPA harus menandatangani surat pernyataan seperti itu dan kini saya harus ambil tanggung jawab itu," kata Dahlan.

"Saya juga banyak ditanya soal usulan-usulan saya untuk menerobos peraturan-peraturan yang berlaku. Saya jawab bahwa itu karena saya ingin semua proyek bisa berjalan. Saya kemukakan pada pemeriksa bahwa saya tidak tahan menghadapi keluhan rakyat atas kondisi listrik saat itu. Bahkan beberapa kali saya mengemukakan bahwa saya siap masuk penjara karena itu," ujar Dahlan.

"Kini, ternyata saya benar-benar jadi tersangka. Saya harus menerimanya. Hanya saya harus minta maaf kepada istri saya yang dulu melarang keras saya menerima penugasan menjadi Dirut PLN karena hidup kami sudah lebih dari cukup," kata Dahlan.

Mantan Dirut PLN, Dahlan Iskan menyatakan dirinya menerima penetapan sebagai tersangka dalam ...
800
800
rimanews.com
600
60
2015-06-08T18:21:23+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20150608/217426/Dahlan-Iskan-Saya-Harus-Minta-Maaf-kepada-Istri
8 Juni 2015 | 18:15
Dahlan Iskan: Saya Harus Minta Maaf kepada Istri Mantan Dirut PLN, Dahlan Iskan menyatakan dirinya menerima penetapan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan gardu listrik di Jawa, Bali, ...
Dahlan Pastikan Tol Sumatera Jalan Tanpa APBN

Rimanews - Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan proyek Tol Trans Sumatera tetap berjalan meskipun PT Hutama Karya (Persero) sebagai pihak yang ditunjuk membangun jalan sepanjang 2.700 km tersebut tidak mendapat suntikan dana berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) dari APBN.

"Tol Trans Sumatera tetap jalan. Hutama Karya bersama BUMN lainnya siap bersinergi. Ini bagian dari pengabdian BUMN kepada negara," kata Dahlan, di Jakarta, Rabu.

Hutama Karya hampir dipastikan tidak akan mendapat suntikan modal pada RAPBN 2015 karena Peraturan Presiden (Perpres) penugasan kepada Hutama Karya (Persero) sebagai pelaksana proyek belum juga turun.

Meski begitu, PMN masih bisa diusulkan kembali dalam APBN-Perubahan 2015, pada saat pemerintahan baru terbentuk.

Sebelumnya, dalam APBN-P 2014 Hutama Karya pernah diusulkan mendapat PMN sebesar Rp2 triliun tapi mendapat penolakan, karena alasan yang sama Perpres belum turun.

Menurut Dahlan, setelah dipastikan tidak mendapat PMN dan pinjaman dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Hutama Karya segera bergerak cepat mencari skema pendanaan.

Ia menjelaskan, skemanya yang ditempuh adalah pola "bangun dan jual".

Saat pengerjaan satu seksi atau ruas jalan selesai sekitar 80 persen, bisa dijual kepada Jasa Marga, atau kepada pihak yang menawar lebih tinggi. Kemudian, dana yang diperoleh dari penjualan dapat digunakan untuk pembangunan seksi berikutnya.

"Saya sih berpikiran Jasa Marga yang menjadi 'standby buyer'," ujarnya.

Pola "bangun dan jual" menurut Dahlan, banyak dilakukan di Tiongkok, dengan sasaran supaya pembangunan cepat selesai dan dana investasi dapat diatasi.

"Semua orang ingin jalan Tol Trans Sumatera, cepat-cepat dibangun. Apalagi yang kita tunggu, karena semuanya sesungguhnya sudah siap," tegas Dahlan.

Menurut catatan, tol Trans Sumatera terbagi menjadi empat koridor utama dan tiga koridor prioritas jaringan jalan tol di Pulau Sumatera.

Keempat koridor utama jaringan jalan tol itu melalui Lampung-Palembang sepanjang 358 kilometer (km), Palembang-Pekanbaru (610 km), Pekanbaru-Medan (548 km), dan Medan-Banda Aceh (460 km).

Adapun perkiraan investasi pengerjaan empat koridor jalan tol itu mencapai sekitar Rp298 triliun.

Tiga koridor prioritas pembangunan, antara lain jalan Palembang-Bengkulu (303 km), Pekanbaru-Padang (242 km) dan Medan-Sibolga (175 km).

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan proyek Tol Trans Sumatera tetap berjalan meskipun PT Hutama ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-09-17T13:54:21+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20140917/173210/Dahlan-Pastikan-Tol-Sumatera-Jalan-Tanpa-APBN
17 September 2014 | 14:10
Dahlan Pastikan Tol Sumatera Jalan Tanpa APBN Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan proyek Tol Trans Sumatera tetap berjalan meskipun PT Hutama Karya (Persero) sebagai pihak yang ditunjuk membangun jalan ...
Dahlan Iskan Resmikan PLT Biomass di Gorontalo

RIMANEWS- Menteri BUMN Dahlan Iskan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomass 1 x 500 kW di Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Senin (21/7). Sebelum peresmian, Dahlan melakukan inspeksi ke seluruh bagian pembangkit tersebut untuk mengecek langsung kesiapan beroperasinya pembangkit listrik pertama di Indonesia yang menggunakan tenaga biomass.

"Pembangkit ini perlu saya lihat langsung karena saya menganggap ini merupakan salah satu masa depan listrik di Indonesia," katanya.

Menurutnya, keberhasilan PLT Biomass di Gorontalo akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk berinovasi dan menghasilkan pembangkit yang serupa sehingga dalam waktu dekat akan lahir PLT Biomass lainnya, sehingga pada akhirnya Indonesia tidak tergantung lagi pada buatan luar negeri.

"Walaupun skalanya masih cukup kecil, tetapi ini merupakan langkah awal untuk membuat yang lebih besar. Dan saya yakin anak-anak bangsa kita bisa melakukan hal itu," ujarnya.

Sebagai sesuatu yang baru, lanjutnya, ada beberapa kekurangan pada PLT Biomass ini. Misalnya menyangkut bau yang ditimbulkan oleh proses pengolahan Biomass, yang diharapkan tidak mengganggu masyarakat di sekitar lokasi pembangkit.

Dahlan optimistis seiring beroperasinya pembangkit ini, kekurangan tersebut bisa teratasi. "Tolong carikan solusinya agar baunya jangan sampai melebihi yang ada sekarang, dan saya yakin teman-teman pasti bisa menemukan solusinya," lanjut mantan Dirut PLN itu.

Untuk pengembangan pembangkit listrik yang memanfaatkan tongkol jagung sebagai bahan bakar utama, ia menyarankan pembangkit dapat diuji coba dengan menggunakan pelet kayu.

Hal itu untuk mengantisipasi bila tongkol jagung yang menjadi bahan utamanya mengalami kekurangan, pembangkit ini tidak berhenti beroperasi.

"Saya sarankan membeli pelet dari Madura yang namanya kayu Kaliandra," imbuhnya.

Penggunaan kayu Kaliandra menurutnya cukup efisien, karena kayu itu bisa menghasilkan 7.400 kalori, atau lebih tinggi dari kalori batu bara biasa.

Jika penggunaan pelet kayu Kaliandra berhasil, kayu itu akan ditanam dan dikembangkan di Gorontalo. "Sekaligus sebagai usaha peningkatan ekonomi kerakyatan, karena kayu jenis ini bunganya paling disukai oleh lebah, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat madu Kaliandra," tambahnya.

PLT Biomass di Provinsi Gorontalo, kata dia, akan digunakan sebagai "universitas biomass", di mana akan banyak yang datang dari seluruh penjuru Indonesia untuk belajar dan melakukan praktek pengembangan biomass.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan gembira dengan diresmikannya PLT Biomass tersebut.

"Tidak hanya PLN yang bersyukur atas diresmikannya pembangkit ini, tetapi pemerintah dan masyarakat juga sangat mensyukuri kehadiran PLT Biomass," kata Idris.

Ia menjelaskan dalam menjalankan program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo, sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber daya energi listrik yang memadai.

Wagub mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo yang mencapai 7,76 persen, juga diikuti dengan pertumbuhan kebutuhan listrik yang setiap tahun mencapai 11,36 persen. (ant)

Menteri BUMN Dahlan Iskan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomass 1 x 500 kW di Desa ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-07-21T21:13:10+0700
http://rimanews.com/ekonomi/read/20140721/162922/Dahlan-Iskan-Resmikan-PLT-Biomass-di-Gorontalo
21 Juli 2014 | 21:15
Dahlan Iskan Resmikan PLT Biomass di Gorontalo Menteri BUMN Dahlan Iskan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomass 1 x 500 kW di Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Senin (21/7). ...
Mau Dukung Prabowo atau Jokowi, Cak Ali: SBY Harus Rebut Suara Nahdliyyin

JAKARTA - Cak Ali sapaan Ali Masykur Musa menerima hasil konvensi Capres Partai Demokrat. Menurutnya, Dahlan Iskan pantas jadi yang terunggul, tapi secara kapasitas semua peserta sama.

"Saya juga mafhum karena perolehan suara Demokrat tak sampai di atas 10 persen, makanya SBY ambil strategi dengan kesebelas peserta konvensi yang saya percaya bisa selamatkan Demokrat," kata Cak Ali, demikian Ali Masykur disapa, kepada wartawan di Jakarta, malam ini (Jumat, 16/5).

Cak Ali percaya, jikapun harus koalisi dengan poros Jokowi atau Prabowo, maka SBY menentukannya berdasarkan kesamaan dan kesejalanan visi misi. Dia katakan, poros yang akan dilih misalnya karena punya kebijakan nasionalisasi aset ataupun kembali ke UUD 1945.

"Sebagai peserta konvensi yang mewakili NU, saya harap startegi SBY sejalan dengan NU. Saya berharap SBY harus bisa rebut warga Nahdliyyin karena siapapun yang gandeng NU biasanya menang," kata Cak Ali.

Oleh karenanya Ketua Umum Ikatan Sarjana NU Ali Masykur Musa (AMM) itu berharap Demokrat bisa ofensif dalam membangun komunikasi politik dengan semua pihak.

Dia juga menyarankan jika benar Demokrat mengusung capres atau cawapres selain dari peserta konvensi maka harus dibicarakan dulu dengan peserta konvensi.

Terkait ketidakhadirannya di kantor DPP Demokrat mendengar pengumuman hasil konvensi, Cak Ali mengatakan bukan karena menolak hasilnya.

"Ada urusan di kantor, bukan tanpa izin dan sengaja tidak datang," kata anggota BPK RI itu.[rmol/rm]

JAKARTA - Cak Ali sapaan Ali Masykur Musa menerima hasil konvensi Capres Partai Demokrat. ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-05-17T06:46:27+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20140517/151483/Mau-Dukung-Prabowo-atau-Jokowi-Cak-Ali-SBY-Harus-Rebut-Suara-Nahdliyyin
17 Mei 2014 | 06:46
Mau Dukung Prabowo atau Jokowi, Cak Ali: SBY Harus Rebut Suara Nahdliyyin JAKARTA - Cak Ali sapaan Ali Masykur Musa menerima hasil konvensi Capres Partai Demokrat. Menurutnya, Dahlan Iskan pantas jadi yang ...
Kata Dahlan, Koalisi PDI Perjuangan Menarik dan Lucu

JAKARTA - Peserta konvensi capres Partai Demokrat Dahlan Iskan mengatakan koalisi yang dibangun PDI Perjuangan mencerminkan sikap seseorang yang dapat berubah drastis di dalam dunia politik. "Ini pelajaran buat yang baru masuk ke dunia politik," katanya di sela diskusi bertajuk 'Koalisi Atau Kualitas' di Padepokan Demi Indonesia, Jalan Hang Tuah Raya 59, Jakarta, Rabu (14/5).

Dahlan menjelaskan, PDIP membangun koalisi dengan Partai Nasdem yang disusul PKB. Padahal, dua elit parpol tersebut yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan tidak cocok satu sama lain. Namun, koalisi partai untuk menghadapi Pemilihan Presiden 9 Juli nanti mampu menyatukan mereka.

"Benci membenci dan suka tidak suka itu jangan berlebihan. Kita tahu bahwa bu Rachma kan tidak suka dengan bu Mega," beber Dahlan.

Selain itu, wacana Partai Golkar yang juga akan bergabung dengan koalisi bentukan PDIP dinilai unik. Mengingat, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pernah menjadi kader partai beringin.

Menurut Dahlan, baik Surya maupun Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie (Ical) sama-sama memiliki sejarah panjang. Surya pernah menjadi salah satu elit Golkar yang cukup berpengaruh meski akhirnya harus keluar dan membangun Nasdem karena hubungannya dengan Ical kandas.

"Sama seperti Surya Paloh dan Ical, jadinya ini akan sangat menarik dan lucu," demikian Dahlan.[ian/rmol]

JAKARTA - Peserta konvensi capres Partai Demokrat Dahlan Iskan mengatakan koalisi yang dibangun PDI ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-05-15T00:41:24+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20140515/151082/Kata-Dahlan-Koalisi-PDI-Perjuangan-Menarik-dan-Lucu
15 Mei 2014 | 00:41
Kata Dahlan, Koalisi PDI Perjuangan Menarik dan Lucu JAKARTA - Peserta konvensi capres Partai Demokrat Dahlan Iskan mengatakan koalisi yang dibangun PDI Perjuangan mencerminkan sikap seseorang yang dapat ...
Dahlan Baru Tahu, Kalau Slank Itu Hebat

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, menghadiri undangan Grup Band Slank, dalam acara, 'Siapa Berani ke Potlot' di Jalan Potlot III, Jakarta Selatan, Kamis (1/5). Dahlan hadir sebagai bintang tamu.

Dahlan terlebih dahulu meminta maaf pada personil Slank lantaran tak tahu banyak tentang seluk beluk grup band yang digawangi oleh Kaka itu. "Saya mau minta maaf sebelumnya. Saya ini kan dari desa dan lulusan pesantren, di sana susah dan tidak ada televisi. Saya baru tahu kalu Slank itu hebat saat ini," ungkap Dahlan.

Pria asal Magetan itu awalnya mengaku khawatir bila nanti tak bisa menjawab pertanyaan seputar Slank. Namun kekhawatiran Dahlan tak terjadi.

"Saya takut kalau Slank marah. Saya dulu enggak tahu Slank itu hebat dan luar biasa. Jadi saya enggak bisa jawab kalau nanti ditanya Slanker itu dari tahun berapa berdiri," aku Dahlan.

Pengakuan Dahlan itu justru disambut baik oleh Bimbim Slank. "Kita justru malah salut karena bapak sudah jujur, kita seneng bisa ketemu dengan tokoh yang hebat seperti bapak," serunya.[ian/jpnn]

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, menghadiri undangan Grup Band ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-05-01T16:18:12+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20140501/149641/Dahlan-Baru-Tahu-Kalau-Slank-Itu-Hebat
1 Mei 2014 | 16:18
Dahlan Baru Tahu, Kalau Slank Itu Hebat JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, menghadiri undangan Grup Band Slank, dalam acara, 'Siapa Berani ke Potlot' di Jalan Potlot III, ...
Dahlan Sebut Konvensi PD Seperti Taman Kanak-Kanak
RIMANEWS - Arah Peta koalisi yang masih belum bisa diraba secara pasti, kembali diangkat di salah satu televisi swasta dengan host Najwa Shihab dengan tema "Mencari RI 2" Rabu (16/4). Beberapa tokoh politik hadir diantaranya Mahfud MD dan Dahlan Iskan.
  
Mahfud MD mewakili PKB, belum bisa memastikan kepada siapa nantinya akan berkoalisi dengan memberikan jawaban normatif. 
 
"semua calon presiden mempunyai platform bagus" katanya. 
 
Saat Najwa mendalami pertanyaan seandainya Mahfud gagal menuju R2, ia dengan tegas menjawab, itu bukan satu-satunya tujuan, baginya perjuangan tidak hanya berlaku pada porsi kekuasaan yang besar dan dominan. 
 
"sejumput kekuasaan lebih penting dari pada segudang kekuasaan," tegas Mahfud.
 
Adapun Dahlan Iskan dibombardir sejumlah pertanyaan terkait Konvensi Partai Demokrat. Lagi-lagi Dahlan curhat akan nasib dirinya di konvensi PD tersebut termasuk keinginannya memundurkan diri. 
 
"Saya tidak lagi menjemput takdir akan tetapi menjadi menunggu takdir, diteruskan (konvensinya) silahkan, dihentikan silahkan".
 
Dahlan bahkan mengkritisi format konvensi Partai Demokrat tersebut, peserta konvensi seperti anak TK dipajang dan dijeje-jer. Dahlan juga menyatakan langsung ke SBY keinginan untuk memundurkan diri dari konvensi PD. 
 
"Konvensinya jangan kayak anak TK yang dijejer-jejer" Katanya.
Arah Peta koalisi yang masih belum bisa diraba secara pasti, kembali diangkat di salah satu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-04-16T21:56:30+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20140416/148329/Dahlan-Sebut-Konvensi-PD-Seperti-Taman-Kanak-Kanak
16 April 2014 | 21:56
Dahlan Sebut Konvensi PD Seperti Taman Kanak-Kanak Arah Peta koalisi yang masih belum bisa diraba secara pasti, kembali diangkat di salah satu televisi swasta dengan host Najwa Shihab dengan tema "Mencari ...
Prabowo Gelar Pertemuan dengan Dahlan Iskan Hari Ini, Ada Apa?

JAKARTA, RIMANEWS - Hari ini, Sabtu (15/3), Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan menggelar pertemuan dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Hal ini dibenarkan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon. Meski begitu, ia belum mengetahui apa agenda yang akan dibahas Prabowo dan Dahlan.

Pertemuan itu rencananya akan dilakukan di rumah Prabowo, di Hambalang, pada pukul 11 pagi. "Rencana pertemuan akan dilakukan jam 11. Ini pertemuan yang sudah diagendakan sejak seminggu lalu. Selain pak Dahlan, beliau kan pemilik media juga, beberapa pemred juga akan bertemu rencananya. Apa isi pertemuan, saya juga belum tahu. Sebelumnya, Hary Tanoe juga pernah bertemu dengan beberapa pemred kan," kata Fadli Zon saat dikonfirmasi. 

Fadli belum memastikan, siapa saja yang akan hadir,  termasuk apakah Dahlan Iskan akan hadir. "Kalau dari jadwalnya, pak Dahlan hadir, tapi apakah beliau hadir atau tidak, saya belum tahu. Termasuk, beberapa pemred yang diundang. Pertemuannya tertutup," ujar Fadli Zon.

Dahlan Iskan yang dikonfirmasi Tribunnews.com, terkait rencana ini menjawab melalui pesan singkat. Ia menjelaskan, hari ini sedang berada di Yogyakarta. "Saya di Jogja, nanti siang ke Bantul," jawab Dahlan Iskan melalui pesan singkat. {12/rm/trib]

Hari ini, Sabtu (15/3), Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan menggelar ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-03-15T10:27:45+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20140315/147603/Prabowo-Gelar-Pertemuan-dengan-Dahlan-Iskan-Hari-Ini-Ada-Apa-
15 Maret 2014 | 10:27
Prabowo Gelar Pertemuan dengan Dahlan Iskan Hari Ini, Ada Apa? Hari ini, Sabtu (15/3), Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan menggelar pertemuan dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Hal ini ...
Dahlan Minta BUMN Karya Bangun Infrastruktur Listrik Sumatera

JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan menggelar pertemuan dengan direksi PLN dan direksi BUMN karya seperti PT Adhi Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero), Jumat (7/3). Dahlan meminta direksi BUMN karya untuk membangun infrastruktur listrik di Sumatera. Biaya pembangunan transmisi listrik itu pun mencapai Rp60 triliun.

"(Kami bertemu) untuk membicarakan percepatan infrastruktur di Sumatera karena di Sumatera Selatan, listriknya sangat cukup dan murah, sedangkan listrik di Sumatera wilayah tengah dan utara selalu kurang dan harganya mahal.  Saya ingin memberikan terobosan agar listrik di wilayah selatan itu bisa mengalir ke utara, supaya wilayah utara tidak selalu mengalami kesulitan listrik," kata Dahlan di Jakarta.

Cara yang akan dilakukan yakni membangun transmisi listrik 500 kilovolt (KV) di sepanjang Sumatera. Nantinya, listrik yang bisa dialirkan mencapai 2.000 megawatt (MW). Hal ini bertujuan untuk mengalirkan listrik dari Sumatra Selatan ke Sumatra Utara atau daerah-daerah yang kekurangan listrik.

"Saya juga tidak mau proyek ini terlalu lama karena (selama ini) pendanaannya harus melalui pinjaman luar negeri. Tanya saja dirut PLN (Dirut PLN, Nur Pamudji). Dia yang tahu," kata dia.

Mantan bos PLN itu meminta, agar perusahaan-perusahaan pelat merah membangun transmisi listrik di Sumatera menggunakan dana internal BUMN dan pinjaman bank pelat merah.

"Saya minta nggak usah (ada) pinjaman di luar negeri supaya prosesnya lebih cepat. Karena itu BUMN-BUMN karya akan kami tunjuk untuk membangun sistem yang baru ini, sehingga dalam 2,5 tahun (proyek) ini selesai. Nilai proyek ini kira-kira Rp60 triliun dan dari tiga bank BUMN dan kemampuan (BUMN karya) masing-masing," kata dia.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur itu sama seperti pembangunan jalan tol, masing-masing BUMN mengerjakan beberapa paket pembangunan transmisi.

"Masing-masing BUMN mengerjakan dua paket. Sistemnya sudah kami rumuskan itu karena tidak sabar melihat pembangunan listrik di Sumatra yang tidak sesuai dengan kemajuan Sumatera belakangan ini. Kalau tidak didukung sistem kelistrikan yang baik dan tangguh, kemajuan ini akan terhambat," kata dia.

Selain itu, investasi pembangunan transmisi listrik ini, diklaim Dahlan akan memberikan keuntungan yang menjanjikan. "IRR-nya (Internal Rate of Return) sebesar 17-18 persen," kata dia.

Dia menjelaskan, keuntungan yang didapat kontraktor dengan skema ini adalah kontraktor mendapatkan uang dari tarif tol listrik yang dibayar PLN. Misalnya, biaya produksi di Palembang sebesar Rp800 per watt, sementara memproduksi listrik di Pekanbaru sebesar Rp2.000 per watt.

Selisih biaya produksi listrik di kedua tempat itu Rp1.200 per watt. Kalaupun dialirkan dari Pekanbaru ke Riau, sebut Dahlan, biaya tolnya tidak mencapai Rp1.200 per watt.

Begitu pula dengan biaya produksi listrik di Palembang dibandingkan biaya produksi listrik yang mencapai Rp4.500 per watt.

"Mendingan dibuatkan jalan tol listrik ke Sumatera Utara. Selisih harga listrik tadi untuk membiayai jalan tol listrik. Dengan demikian, ada jalan tol listrik ke Sumatra Utara," kata dia.[ian/viva]

JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan menggelar pertemuan dengan direksi PLN dan direksi BUMN ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-03-07T15:10:16+0700
http://rimanews.com/ekonomi/read/20140307/146357/Dahlan-Minta-BUMN-Karya-Bangun-Infrastruktur-Listrik-Sumatera
7 Maret 2014 | 15:10
Dahlan Minta BUMN Karya Bangun Infrastruktur Listrik Sumatera JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan menggelar pertemuan dengan direksi PLN dan direksi BUMN karya seperti PT Adhi Karya (Persero) dan PT Wijaya ...
Dahlan: Demokrasi dan Hukum Harus Berjalan Seiringan

MAKASSAR - Jika penegakan hukum ditegakkan dalam dalam sistem demokrasi  yang tepat, maka tidak akan muncul  istilah warga minoritas dan mayoritas, kata Dahlan Iskan.

Menurut Dahlan, demokrasi itu menjamin hak-hak warga negara. "Tidak berlaku istilah mayoritas atau minoritas. Istilah itu muncul kembali akibat hukum tidak tegas," katanya dalam Debat Bernegara antara 11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Makassar, Rabu (5/3) malam."

Dahlan meyakini demokrasi dan hukum harus berjalan seiringan untuk mencapai tujuan kebaikan bersama.

"Hukum harus ditegakkan demi menjalankan demokrasi sehingga lebih dewasa," katanya.

Akan tetapi, lanjut Dahlan, selama ini penegakkan hukum demi demokrasi yang lebih dewasa kerap terhambat oleh birokrasi.

"Sebab selama ini tidak semua persoalan bisa diatasi orang yang berada di jajaran struktur tertinggi, banyak persoalan birokrasi terhenti di Eselon I, II dan III," ujarnya.

Hal tersebut harus dijawab dengan melakukan terobosan-terobosan baru.

"Seorang Jaksa Agung harus bisa mengendalikan jajarannya hingga ke bawah, termasuk juga Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia, -red)," ujarnya.

Terobosan tersebut juga harus dimiliki sosok presiden yang memimpin Indonesia pada Pemilu Presiden 2014 mendatang.

"Presiden harus mampu memberantas kebijakan yang tidak sesuai," katanya.[ian/ant]

MAKASSAR - Jika penegakan hukum ditegakkan dalam dalam sistem demokrasi  yang tepat, maka ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-03-06T07:19:42+0700
http://rimanews.com/nasional/read/20140306/146130/Dahlan-Demokrasi-dan-Hukum-Harus-Berjalan-Seiringan
6 Maret 2014 | 07:19
Dahlan: Demokrasi dan Hukum Harus Berjalan Seiringan MAKASSAR - Jika penegakan hukum ditegakkan dalam dalam sistem demokrasi  yang tepat, maka tidak akan muncul  istilah warga minoritas dan ...
Dahlan: Indonesia Masih Butuh KPK

JAKARTA - Untuk lima tahun mendatang, Indonesia masih membutuhkan KPK. "KPK memang lembaga sementara, tetapi dalam lima tahun ke depan Indonesia masih membutuhkan KPK seperti sekarang ini," kata peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Dahlan Iskan dalam Debat Bernegara antara 11 peserta Konvensi Calon Presiden di Partai Demokrat di Makassar, Rabu (5/3) malam.

Dahlan, yang juga salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, manyampaikan rasa hormat atas kinerja KPK selama ini.

Ia menilai bahwa penindakan KPK selalu berdasarkan pada bukti penerimaan aliran dana kepada para koruptor.

"KPK selama ini tidak memperkarakan orang yang tidak terima uang, bukan persoalan hanya kesalahan administrasi. Artinya KPK memang menindak orang yang terima uang," ujarnya.

Dahlan mengatakan langkah tersebut tepat, sebab banyak juga pengelola pemerintahan yang kurang baik dalam menyelenggarakan administrasi tetapi tidak menerima aliran dana atau melakukan tindak korupsi.

"Demikian juga sebalikanya banyak orang yang administrasinya baik, tetapi dia korup, dia terima uang haram," katanya menambahkan.

Lebih lanjut Dahlan meyakini bahwa tindakan korupsi sebetulnya cenderung dilakukan bukan berdasarkan kemiskinan melainkan kerakusan.

"Korupsi itu sifat rakus dasarnya, bukan karena miskin. Oleh karena itu saya setuju kalau koruptor dimiskinkan semiskin-miskinnya," ujar dia.

Sementara itu, salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat lain, Sinyo Harry Sarundajang, mengatakan bahwa Indonesia saat ini belum mampu membangun sistem yang efektif mencegah aparat tidak korupsi atau menerima suap.

"Belum mampu Indonesia membangun sistem efektif untuk mencegah aparat tidak korupsi atau menerima suap dan sebagainya. Itu yang harus kita pecahkan," ujar Sinyo, yang juga menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara itu.

Ia juga menyarankan agar sikap antikorupsi harus dipupuk sejak usia dini sebagai langkah pencegahan tindakan pidana tersebut di kemudian hari.

Penindakan dan pencegahan korupsi menjadi salah satu topik dalam tema hukum dan ekonomi yang dibahas dalam debat antara 11 peserta Konvensi Capres Partai Demokrat di Makassar.

Dahlan dan Sinyo tergabung dalam debat sesi kedua bersama Ali Masykur Musa, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto dan Hayono Isman.

Sementara di sesi pertama menampilkan debat antara Anies Baswedan, Gita Wirjawan, Pramono Edhie Wibowo, Irman Gusman dan Marzukie Alie.[ant/bs/ian]

JAKARTA - Untuk lima tahun mendatang, Indonesia masih membutuhkan KPK. "KPK memang lembaga ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-03-06T06:57:11+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20140306/146127/Dahlan-Indonesia-Masih-Butuh-KPK
6 Maret 2014 | 06:57
Dahlan: Indonesia Masih Butuh KPK JAKARTA - Untuk lima tahun mendatang, Indonesia masih membutuhkan KPK. "KPK memang lembaga sementara, tetapi dalam lima tahun ke depan Indonesia masih membutuhkan KPK ...
Rieke "Oneng" Tersinggung Dicuekin Dahlan Iskan

JAKARTA, RIMANEWS --- Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, tersinggung dengan sikap Menteri BUMN Dahlan Iskan. Pasalnya, ketika Rieke sedang bicara Dahlan Iskan justru asyik melihat sepatunya.

" Saya terganggu setiap anggota DPR bicara Pak Dahlan malah melihat sepatunya. Saya tidak tahu apakah itu meledek atau tidak. Apakah harus begitu sikap seorang menteri," kata Rieke dalam rapat kerja yang dihadiri Dahlan Iskan di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Mendengar itu, Dahlan Iskan nyeletuk. " Saya (lagi) minum," kata Dahlan.

Rapat kerja berlangsung panas sejak awal. Pasalnya, Dahlan Iskan dianggap belum mampu menyelesaikan kasus alih daya (outsourcing) ribuan tenaga kerja di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Anggota Dewan rebutan menginterupsi bahkan Dahlan sempat emosi ketika disinggung soal rekaman di Youtube yang menghilang.

" Masalah outsourcing ini sudah kami kritisi sudah lama tetapi hari ini bapak ulangi lagi kesalahannya.
Saudara menteri pasti tahu orientasi sebuah BUMN beda dengan orientasi perusahaan swasta murni.
BUMN tidak untuk cari untung belaka," kata Rieke.

[ bmw / tribunn ]

Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, tersinggung dengan sikap Menteri BUMN Dahlan Iskan. ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-03-06T02:38:39+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20140306/145867/Rieke-Oneng-Tersinggung-Dicuekin-Dahlan-Iskan
6 Maret 2014 | 02:38
Rieke "Oneng" Tersinggung Dicuekin Dahlan Iskan Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, tersinggung dengan sikap Menteri BUMN Dahlan Iskan. Pasalnya, ketika Rieke sedang bicara Dahlan Iskan justru asyik ...
Puluhan Pilot Merpati Datangi Kantor Dahlan

JAKARTA - Sebanyak 40 pilot PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) mendatangi kantor Kementerian Negara BUMN, menuntut hak normatif atau gaji yang belum dibayarkan oleh maskapai pelat merah yang tengah dilanda berbagai masalah.

Okezone melaporkan, 40 pilot yang tengah menyambangi kantor Kementerian BUMN ini merupakan pilot Merpati yang menerbangkan berbagai jenis pesawat.

"Kita mau nuntut hak normatif kita yang belum dibayar, kita datang ke sini 40 pilot yang menerbangi dari berbagai jenis pesawat," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/3/2014).

Adapun, kedatangan 40 pilot Merpati ke kantor Kementerian BUMN merupakan salah satu tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan yang sebelumnya pernah dilaksanakan antara perusahaan, pegawai, dan disaksikan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Pegawai Merpati (FPM), Ery Wardhana, mengatakan solusi dari pengusaha dalam membayar hak pekerja atau Biparti sudah dilakukan pada 2 Desember lalu. Dia menjelaskan, business plan juga sudah telah selesai sesuai target pada 26 Februari lalu dengan akomodir dari garisan pemerintah.

Selanjutnya, dari Kementerian BUMN akan menunggu perintah PPA dalam enam minggu ke depan, dari 3 Maret dana itu harus dikucurkan dengan target waktu pada 21 April mendatang.

Ery menambahkan, pembayaran seluruh hak pekerja yang tertunda pada Desember 2013, Januari 2014 dan Februari 2014 akan dibayarkan oleh pengusaha pada minggu ketiga Mei mendatang.[ian/Okezone]

JAKARTA - Sebanyak 40 pilot PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) mendatangi kantor Kementerian ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-03-03T08:58:03+0700
http://rimanews.com/nasional/read/20140303/145617/Puluhan-Pilot-Merpati-Datangi-Kantor-Dahlan
3 Maret 2014 | 08:58
Puluhan Pilot Merpati Datangi Kantor Dahlan JAKARTA - Sebanyak 40 pilot PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) mendatangi kantor Kementerian Negara BUMN, menuntut hak normatif atau gaji yang belum dibayarkan ...
Dahlan: Itu Urusan Merpati Dengan PPA, Saya Tak Doktrin

RIMANEWS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan, dua unit usaha Merpati yakni Merpati Training Center (MTC) dan Merpati Maintanance Facility (MMF) tidak sepenuhnya akan dibeli oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Hal ini dikarenakan, penjualan tersebut tergantung kebutuhan dari pihak Merpati sebagai induk perusahaan.

"Tergantung keperluannya, misalnya dengan beli sebagian uangnya sudah cukup. Kalau perlu sebagian kecil, kalau sebagian besar ya sebagian besar. Itu terserah antara Merpati dengan PPA, saya tidak doktrin harus berapa," tutur Dahlan ketika ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Menurut dia, Merpati tetap harus mendapatkan uang sedikit demi sedikit untuk membayar gaji pegawai beberapa hal terkait operasional perusahaan. Pembelian tersebut menurut dia akan membantu tujuan tersebut.

Namun, dirinya menambahkan, proses pembelian oleh PPA tidak mudah mencapai tahap pencairan mengingat masih ada prosedur yang cukup panjang. "Nah uangnya kan ada di PPA itu. Cuma prosedur mengeluarkan uangnya tidak seperti perusahaan swasta, jadi harus ada prosedur yang ketat," terangnya.

Dahlan juga menjelaskan, PPA dapat membeli aset MMF dan MTC dengan dana Restrukturisasi dan Revitalisasi (RR) yang dimiliki. Pasalnya, dana RR yang dimiliki oleh PPA sebagian telah dikembalikan dan dapat dipergunakan untuk membeli dua unit usaha Merpati itu.

"Uang RR yang sudah dikembalikan ke PPA itu kan bisa digunakan oleh BUMN lain yang memerlukan namun prosedurnya tidak begitu saja, jadi ini soal persetujuan," pungkasnya.[AR/OKZ]

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan, dua unit usaha Merpati yakni ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-02-04T22:06:17+0700
http://rimanews.com/nasional/read/20140204/140816/Dahlan-Itu-Urusan-Merpati-Dengan-PPA-Saya-Tak-Doktrin-
4 Februari 2014 | 22:06
Dahlan: Itu Urusan Merpati Dengan PPA, Saya Tak Doktrin Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan, dua unit usaha Merpati yakni Merpati Training Center (MTC) dan Merpati Maintanance ...
Marzuki Alie: Dahlan Punya Kompetensi untuk Jadi Presiden

JAKARTA - Ketua DPR, Marzuki Alie mengapresiasi keputusan Gita Wirjawan yang mundur dari jabatan Menteri Perdagangan. Gita mundur untuk fokus mengahadapi konvensi capres partai demokrat.

Menurut Marzuki, konvensi menjadi ujian bagi para capres untuk mampu merangkap berbagai tugas dalam satu waktu.

"Kita apresiasi Pak Gita, manakala konvensi sedang pada tahap puncak, tinggal 2 bulan lagi. Ada persoalan-persoalan di Kemendag ada impor gula, persoalan besar Vietnam ilegal ini kan ditangani serius. Nah kalau ditangani serius, otomatis Pak Gita tidak bisa mencurahkan pikirannya untuk konvensi. Sehingga mengambil keputusan ini menurut saya, tepat dan kita patut apresiasi terhadap langkah tersebut," kata Marzuki di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya, Jakpus, Jumat (31/1/2014).

Menurut Marzuki, tak semua peserta konvensi yang memiliki jabatan di pemerintahan lalu semerta-merta harus ikut mundur dari jabatannya. Konvensi ini ia ibaratkan sebagai uji kemampuan apakah para peserta nantinya pantas menjadi presiden yang sehari-hari menemui banyak persoalan.

"Tugas seorang presiden itu banyak sekali, dan ikut konvensi adalah uji kemampuan. Mampu tidak kita jadi presiden yang tugasnya 1001 macam? Ini baru merangkap dua sisi saja sudah tidak bisa, ya kita juga dipertanyakan nanti," sindir Marzuki.

Pria yang juga menjadi peserta konvensi ini lalu mengambil contoh Menteri BUMN Dahlan Iskan sebagai contoh.

"Misalnya Pak Dahlan, dia mampu urus BUMN. BUMN-nya bagus semua, kemudian dia berhasil konvensi, itu menunjukan dia punya kompetensi untuk jadi presiden. Kecuali kalau BUMN-nya berantakan. Nah itu masyarakat akan menilai," ujar Marzuki.

Gita Wirjawan resmi mundur sebagai Menteri Perdagangan per 1 Februari 2014. Gita memilih mundur dari kursi Mendag agar bisa fokus di konvensi capres PD.[ian/dtk]

JAKARTA - Ketua DPR, Marzuki Alie mengapresiasi keputusan Gita Wirjawan yang mundur dari jabatan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-02-01T00:45:27+0700
http://rimanews.com/nasional/read/20140201/140129/Marzuki-Alie-Dahlan-Punya-Kompetensi-untuk-Jadi-Presiden
1 Februari 2014 | 00:45
Marzuki Alie: Dahlan Punya Kompetensi untuk Jadi Presiden JAKARTA - Ketua DPR, Marzuki Alie mengapresiasi keputusan Gita Wirjawan yang mundur dari jabatan Menteri Perdagangan. Gita mundur untuk fokus ...
Dahlan Iskan Siap Gandeng Investor Demi Bangkitkan Merpati

RIMANEWS - Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menegaskan solusi final  yang dapat ditempuh untuk memulihkan kesehatan keuangan PT Merpati Nusantara Airlines adalah memisahkan diri dari anak perusahaan. Menurut Dahlan, berbagai cara telah dilakukan untuk dapat membangkitkan perusahaan maskapai penerbangan perintis tersebut tetapi selalu tanpa hasil memuaskan. Oleh karena itu, perusahaan  Merpati diminta menyerahkan anak usahanya untuk dikelola oleh investor yang lebih kuat demi  membentuk anak usaha baru yang membuka peran swasta. Pemerintah pun siap mencarikan mitra dan investor bagi Merpati untuk membentuk anak usaha barunya itu, Merpati Aviation Services.

"Terakhir ini. Kami carikan jalan keluar dengan cara mencari partner, dan sudah dapat," ujar Dahlan di Jakarta.

Dahlan mengungkapkan, sudah ada dua perusahaan lokal yang berminat untuk melakukan kerja sama operasional (KSO) dengan anak usaha Merpati tersebut. PT Bentang Persada Gemilang dan PT Amagedon siap membangkitkan Merpati. Namun, komitmen kerja sama tersebut masih dalam proses karena segala persiapan perlu banyak waktu. Sebaliknya, Merpati memiliki beban operasional yang tidak bisa dihentikan.

"Tidak mungkin kan partner langsung menggerojokkan uang minggu depan, mungkin butuh 2 sampai 3 bulan. Tapi, Merpati kan harus punya uang untuk bayar gaji, untuk beli minyak," kata Dahlan.

BUMN sementara memutuskanuntuk menjual anak usaha Merpati ke Perusahaan Pengelola Aset (PPA) karena  pertimbangan pengalihan saham anak usaha itu ke sesama perusahaan pelat merah lebih cepat. Menurut Dahlan, jika anak usaha itu sudah dikelola PPA, beban operasional Merpati akan menjadi lebih ringan.

Sementara itu, PPA sebagai perusahaan pelat merah yang mengelola aset eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang tidak berperkara hukum akan  mengambil alih anak usaha Merpati dengan saham mayoritas. Ini sesuai tujuan dibentuknya PPA yaitu merestrukturisasi atau merevitalisasi perusahaan BUMN. Namun, untuk penambahan modal atau mengucurkan modal baru harus seizin Kementerian Keuangan.

"Itu kan perlu proses, jadi Merpati harus menunggu proses itu. Karena, tidak mungkin direksi mencarikan uang itu," kata Dahlan.(chus)

Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menegaskan solusi final  yang dapat ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-01-29T14:07:31+0700
http://rimanews.com/ekonomi/read/20140129/139651/Dahlan-Iskan-Siap-Gandeng-Investor-Demi-Bangkitkan-Merpati
29 Januari 2014 | 14:07
Dahlan Iskan Siap Gandeng Investor Demi Bangkitkan Merpati Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menegaskan solusi final  yang dapat ditempuh untuk memulihkan kesehatan keuangan PT Merpati ...
Banjir Proyek Setelah Hujan, Meneg BUMN Minta Jasa Marga Susun Anggaran Perbaikan Tol

JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, akan meminta PT Jasa Marga (Persero) untuk memperbaiki anggaran pengokohan pondasi jalan tol. "Saya akan meminta Jasa Marga untuk menganggarkan penguatan pondasi jalan tol," kata Dahlan, mengutip VIVAnews  Selasa, 28 Januari 2014.

Dia meminta agar perusahaan pelat merah ini menyusunnya. Lalu, Jasa Marga diminta untuk melaksanakan perbaikan jalan sampai April.

"Dalam musim hujan ini, disusun perencanaannya yang ilmiah. Habis (musim) hujan, nanti pelaksanannya. Tahun ini saya meminta Jasa Marga merevisi anggarannya," kata Dahlan.

Salah satu peserta konvensi capres Demokrat ini mengatakan, penentuan anggaran perbaikan jalan tol membutuhkan penelitian, termasuk teknik yang digunakan berdasarkan struktur dan kontur tanah.

"Untuk menentukan anggaran, harus dilakukan penelitian dulu di beberapa lokasi yang rawan (dan) teknik apa yang akan dipergunakan. Ini pasti pakai teknologi yang akan digunakan mengingat struktur tanah di situ juga tidak biasa," ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan jalan tol Cipularang km 72 ambles. Longsornya jalan ini terjadi pada Kamis, 23 Januari 2014. Perbaikan jalan pun dilakukan perusahaan pelat merah ini hingga hari ini.

Disampaikan Galih, petugas call center Jasa Marga, hingga saat ini jalur utama dari Jakarta menuju Bandung masih ditutup karena belum bisa dilalui kendaraan.

"Kendaran kecil melintas melalui jalur contra flow," katanya.

Ditambahkan Galih, kemacetan siang ini hanya sekitar 1 kilometer atau mengalami kepadatan menjelang KM 72 yang mulai diberlakukan sistem contra flow.

"Menjelang contra flow saja yang macet, setelah itu lalu lintas lancar sampai Bandung," katanya.

Guna menghindari kemacetan semakin parah, kendaraan besar masih dialihkan keluar melalui pintu Tol Cikopo menuju Cikampek. Sementara kondisi cuaca saat mendung dan belum turun hujan.

Proses perbaikan terhadap ruas jalan tol Cipularang yang mengalami ambles masih dilakukan dengan pemasang ratusan tiang pancang yang ditanam di bagian bawah ruas jalan yang ambles.

Tiang pancang ini untuk menahan laju pergerakan tanah yang labil dan terus mengalami pergeseran di titik ambles tersebut.

Selain memasang tiang pancang, Jasa Marga juga melakukan pemadatan kontur tanah dan pembangunan fondasi dengan batu bronjong.

Sebelumnya, selama empat hari terakhir, Jasa Marga selesai melakukan injection atau penyuntikan terhadap badan jalan yang mengalami ambles.[ian/vvn]

JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, akan meminta PT Jasa Marga (Persero) untuk memperbaiki ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-01-28T19:00:55+0700
http://rimanews.com/ekonomi/read/20140128/139455/Banjir-Proyek-Setelah-Hujan-Meneg-BUMN-Minta-Jasa-Marga-Susun-Anggaran-Perbaikan-Tol
28 Januari 2014 | 19:00
Banjir Proyek Setelah Hujan, Meneg BUMN Minta Jasa Marga Susun Anggaran Perbaikan Tol JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, akan meminta PT Jasa Marga (Persero) untuk memperbaiki anggaran pengokohan pondasi ...
Dahlan: Transaksi BUMN Terbuka pada BPK

RIMANEWS - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan dan Ketua BPK RI Hadi Poernomo menandatangi Kesepakatan Bersama tentang  Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data dalam rangka Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan. Nota Kesepahaman ini merupakan penerapan UU No 15 Tahun 2004 terkait kewenangan BPK dalam memeriksa Keuangan Negara.

“Saya ingin ini tidak hanya di Kementerian BUMN akan tetapi di BUMN,” kata Dahlan, di kantor Kementerian BUMN, Jumat (17/1/2014).

Menurut dia, terobosan bertujuan agar tidak ada yang perlu disembunyikan dan bahkan akan memperlancar pemeriksaan dan akan mengarahkan pada asas  keterbukaan.

“Pembayaran dari kontraktor ke sub kontraktor, atau vendor harus menggunakan transaksi bank (Non Cash Transaction/NCT). Saya sudah tegaskan di dalam Rapat Pimpinan agar ketentuan ini dimasukkan ke  naskah RUPS,"jelas Dahlan

Menurut Ketua BPK RI, Hadi Poernomo, hal ini tidak menimbulkan masalah baru yang badan yang diperiksa. “ini semacam CCTV Pengelola dan Penanggung Jawab Keuangan Negara. Semua terkoneksi dengan sistem BPK," ungkap Hadi. (chus)

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan dan Ketua BPK RI Hadi Poernomo menandatangi ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-01-17T14:40:36+0700
http://rimanews.com/ekonomi/read/20140117/137091/Dahlan-Transaksi-BUMN-Terbuka-pada-BPK-
17 Januari 2014 | 14:40
Dahlan: Transaksi BUMN Terbuka pada BPK Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan dan Ketua BPK RI Hadi Poernomo menandatangi Kesepakatan Bersama tentang  Pengembangan dan Pengelolaan Sistem ...
Dahlan Enggan Bicara Soal Tudingan Korupsi PLN

RIMANEWS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, enggan berkomentar soal tudingan sebuah LSM yang menyebutnya terlibat korupsi PLN di Medan, Sumatera Utara. Tak hanya itu, LSM itu pun meminta agar panitia konvensi Partai Demokrat mencoretnya sebagai peserta.

"Itu kan hanya isu. Saya tidak akan menanggapi isu itu, isu kok ditanggapi," cetus Dahlan di Hall D JIExpo, PRJ Kemayoran, Jakarta, Selasa (14/14).

Sebagaimana diketahui, Jubir Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan Advokat Publik, Rahmat Harahap meminta kepada panitia konvensi partai Demokrat agar segera mencoret salah satu nama yaitu Dahlan Iskan sebagai peserta capres konvensi demokrat tersebut.

Pasalnya, Dahlan diduga terlibat korupsi dengan penyalahgunaan uang negara PT PLN (Persero) periode 2009-2010 senilai Rp 37,6 triliun di Medan, Sumatera Utara.

Mantan bos PLN itu terungkap dari hasil audit BPK pada 2011, yang menyebut Dahlan menyalahgunakan 8 pembangkit tenaga uap dan akhirnya menggunakan mesin turbin semen.[AR]

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, enggan berkomentar soal tudingan sebuah LSM ...
800
800
rimanews.com
600
60
2014-01-14T22:10:25+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20140114/136620/Dahlan-Enggan-Bicara-Soal-Tudingan-Korupsi-PLN
14 Januari 2014 | 22:10
Dahlan Enggan Bicara Soal Tudingan Korupsi PLN Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, enggan berkomentar soal tudingan sebuah LSM yang menyebutnya terlibat korupsi PLN di Medan, Sumatera Utara. ...
Foto & Video
Archandra Tahar Siapkan Tiga Kebijakan Benahi Sektor Energi

Rimanews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar (kiri) memimpin rapat internal di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Menteri ESDM pengganti Sudirman Said tersebut mempersiapkan tiga kebijakan yang akan dijalankan dalam membenahi sektor energi, yaitu pemanfaatan sumber daya alam, membangun kedaulatan energi guna menjamin pasokan kebutuhan, dan memberikan jaminan kepastian hukum bagi investor luar dan dalam negeri.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar (kiri) memimpin rapat internal di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T18:21:27+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10081/Archandra-Tahar-Siapkan-Tiga-Kebijakan-Benahi-Sektor-Energi
Sri Mulyani Paparkan Hasil Rakor Pengamanan Program Tax Amnesty

Rimanews - Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga kanan), Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi (kiri), Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nelson Tampubolon (kedua kanan) dan Nurhaida (kanan) serta Kadiv Humas Polri Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar (ketiga kiri) memaparkan hasil rapat koordinasi terkait pengamanan program pengampunan pajak (tax amnesty) di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa data yang diperoleh dari program tax amnesty tidak akan digunakan sebagai barang bukti kejahatan terkait penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan kasus pajak, Kapolri juga menjamin keamanan bagi wajib pajak yang melaporkan harta serta pajaknya kepada Kementerian Keuangan melalui Dirjen Pajak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T18:11:42+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10079/Sri-Mulyani-Paparkan-Hasil-Rakor-Pengamanan-Program-Tax-Amnesty
Kejagung dan KPK Gelar Rapat Koordinasi

Rimanews - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah menjawab pertanyaan wartawan saat keluar dari Gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Kedatangan Jampidsus ke markas lembaga antirasuah itu untuk koordinasi dan supervisi antara Kejaksaan Agung dengan KPK dalam penanganan kasus korupsi seperti kasus korupsi dana hibah Kadin Jatim tahun 2012 dengan tersangka La Nyalla Mattalitti

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah menjawab pertanyaan wartawan saat keluar dari ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T18:33:22+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10082/Kejagung-dan-KPK-Gelar-Rapat-Koordinasi-
Partai Idaman Pimpinan Rhoma Irama Serahkan Berkas Kemenkumham

Rimanews - Ketua Umum Partai IDAMAN Rhoma Irama (kedua kanan) berbincang dengan anggota Partai IDAMAN sebelum menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran kepengurusan partai di Ditjen AHU Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Penyerahan berkas tersebut sebagai syarat partai untuk memiliki badan hukum supaya dapat lolos menjadi peserta Pemilu 2019.

Ketua Umum Partai IDAMAN Rhoma Irama (kedua kanan) berbincang dengan anggota Partai IDAMAN sebelum ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T17:48:53+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10078/Partai-Idaman-Pimpinan-Rhoma-Irama-Serahkan-Berkas-Kemenkumham
Ondel-Ondel Diterjunkan untuk Sosialisasi Aturan Plat Ganjil Genap

Rimanews - Boneka Ondel-ondel berkalung papan sosialisasi peraturan plat mobil ganji genap ditempatkan di Jalan MH Thamrin, kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggunakan beragam sarana pendukung untuk memberikan informasi dan pengertian kepada masyarakat tentang penerapan peraturan plat nomor ganjil-genap.

Boneka Ondel-ondel berkalung papan sosialisasi peraturan plat mobil ganji genap ditempatkan di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T16:53:12+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10076/Ondel-Ondel-Diterjunkan-untuk-Sosialisasi-Aturan-Plat-Ganjil-Genap
Suasana Persemayaman Michael Titus Igweh Terpidana Mati Kasus Narkoba

Rimanews - Pekerja meletakkan nisan di dekat peti jenazah Michael Titus Igweh saat persemayaman di Rumah Duka Bandengan, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Warga negara Nigeria itu merupakan satu dari empat orang terpidana mati kasus narkoba yang menjalani eksekusi di Pulau Nusakambangan.

Pekerja meletakkan nisan di dekat peti jenazah Michael Titus Igweh saat persemayaman di Rumah Duka ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T16:38:18+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10074/Suasana-Persemayaman-Michael-Titus-Igweh-Terpidana-Mati-Kasus-Narkoba
Terpidana Mati Freddy Budiman Dimakamkan di Surabaya

Rimanews - Sejumlah kerabat dan keluarga mengangkat peti berisi jenazah terpidana mati kasus penyalahgunaan narkoba berkewarganegaraan Indonesia, Freddy Budiman ketika tiba dirumah keluarga di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/7/2016).

Freddy Budiman merupakan satu dari empat terpidana mati kasus narkotika yang dieksekusi di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Sejumlah kerabat dan keluarga mengangkat peti berisi jenazah terpidana mati kasus penyalahgunaan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T18:16:08+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10080/Terpidana-Mati-Freddy-Budiman-Dimakamkan-di-Surabaya
Kodam IV/Diponegoro Gelar Simulasi Penanganan Teror

Rimanews - Dua anggota tim Jihandak Batalyon Zeni Tempur 4/TK Kodam IV/Diponegoro membawa tas yang diduga berisi bom saat simulasi penanganan teror bom di Semarang, Jateng, Jumat (29/7/2016).

Simulasi bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan prajurit Batalyon Zeni Tempur 4/TK dalam mengantisipasi ancaman teror bom yang dilakukan para teroris.

Dua anggota tim Jihandak Batalyon Zeni Tempur 4/TK Kodam IV/Diponegoro membawa tas yang diduga ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T16:58:32+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10077/Kodam-IV-Diponegoro-Gelar-Simulasi-Penanganan-Teror
Kampung Warna-Warni di Tepi Sungai Berantas Kini Jadi Kawasan Wisata

Rimanews - Kampung warna-warni terlihat dari jembatan Sungai Brantas, Jodipan, Malang, Jawa Timur, Jumat (29/7/2016).

Kampung di tepi Sungai Brantas itu kini menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Kampung warna-warni terlihat dari jembatan Sungai Brantas, Jodipan, Malang, Jawa Timur, Jumat ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T16:25:23+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10073/Kampung-Warna-Warni-di-Tepi-Sungai-Berantas-Kini-Jadi-Kawasan-Wisata