Budaya

Menyampaikan Pesan Melalui Gambar

12.1K
DILIHAT
/
03:25
20 JUL 2014
Oleh
Taufiq Muhammad

Rimanews Kontributor - 

Berbagai pesan atau nilai moral dapat disampaikan melalui media gambar. Penyampaian dengan media gambar ini lah yang telah saya coba tekuni. Saya pernah diminta membuat gambar untuk anak-anak, dan dalam gambarnya tersebut saya sisipkan pesan moral untuk tetap rukun dan berteman walaupun berbeda suku, agama, atau ras. Salah satunya saya gambarkan dengan menggambar beberapa tokoh anak yang berbeda warna kulit namun tetap berteman akrab.

Contoh lain yaitu saat sampaikan pesan untuk bertanggung jawab. Saya gambar tokoh anak-anak yang tidak sengaja memecahkan kaca jendela saat bermain bola, dan anak tersebut beran mengaku dan meminta maaf walaupun dimarahi. Melalui gambar-gambar tersebut dapat memberikan pesan moral tanpa terkesan menggurui.

Saya juga pernah diminta membantu dalam program peyuluhan dari departemen kesehatan mengenai perilaku bersih dan sehat. Saat itu saya membuat gambar yang mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Penggunaan gambar sebagai media penyampaian pesan dalam hal ini saya rasa lebih mudah diterima oleh masyarakat. Sekaligus juga memperkuat pesan serupa yang disampaikan dengan media lainnya.

Namun saya juga tidak menafikkan peran penting internet dan jejaring sosial dalam menyebarkan karya-karya saya. Sebelum sosial media menjamur seperti sekarang ini, saya harus membawa seluruh contoh karya-karyanya dalam sebuah folder saat ingin memperkenalkannya pada klien. Sekarang, saya tinggal mempublikasikan karya saya melalui Facebook, Instagram, atau Website yang pernah memuat karya saya. Keberadaan dunia maya juga membuat karya-karya saya lebih mengglobal dengan mudah. Tidak sedikit tawaran yang saya dapatkan dari dunia maya.

Bagi para ilustrator muda, saya berpesan untuk jangan pernah berhenti belajar dan mencoba hal-hal baru. Selain itu, dunia kreatif adalah dunia yang menuntut untuk selalu berkembang dan tidak mengenal kata ‘cukup’.

*Tulisan ini dibuat eksklusif untuk RimaNews

Terbaru
18 Maret 2017 | 20:40
Nasir: insinyur kok jadi wartawan
18 Maret 2017 | 06:45
Iklim pengaruhi bentuk hidung
17 Maret 2017 | 22:17
Arkeolog temukan patung Firaun
15 Maret 2017 | 05:07
Kesulitan bersikap santun
11 Maret 2017 | 06:50
Kekejaman orang tua ke anak
3 Maret 2017 | 11:48
Keberagaman dan Persamaan
3 Maret 2017 | 05:05
Ingin menjadi Allah
Berita Terkait
31 Agustus 2015 | 15:40
Apel Band, Wanita tapi Gak Girly