Hukum

Saksi Ahok akui diperintah Ketua Pemuda Muhammadiyah

5.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:11
10 JAN 2017
Dok. Ahok
Editor
Stefanus Yugo
Sumber
Antara

Rimanews - Saksi yang juga pelapor kasus penistaan agama, Pedri Kasman mengaku mendapat perintah dari Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Ansar Simanjuntak untuk melaporkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kepada polisi atas tuduhan penistaan agama.

Dahnil belum bisa dihubungi untuk mengklarifikasi keterangan Pedri itu. Saat Rimanews menghubungi lewat ponsel, nomor Dahnil tidak aktif.

"Setelah diskusi soal video Ahok di grup WhatsApp Pemuda Muhammadiyah memang ada mandat," kata Pedri yang menjadi saksi pertama pada sidang kelima Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, hari ini.

Ahok dijerat pasal 156a tentang penistaan agama karena menyitir surat Al Maidah 51 di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Mantan Bupati Belitung Timur itu, hari ini menjalani sidang kelima di auditorium Kementerian Pertanian dengan agenda pemeriksaan saksi.

Pedri yang juga Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mengungkapkan perihal perintah Dahnil setelah tim kuasa hukum Ahok mempermasalahkan Berita Acara Pemeriksaan Pedri yang menyebutkan adanya instruksi dari Ketua PP Pemuda Muhammadiyah untuk melaporkan Ahok.

Laporan ke Ahok itu, menurut Pedri, terdiri atas  Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

"Waktu melapor tersebut ada tiga orang tapi kata penyidik cukup satu orang dan diwakilkan saya," kata Pedri.

Di akhir persidangan dia menyerahkan surat kuasa kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menyatakan dia memang dimandatkan untuk melaporkan Ahok. "Surat kuasa ini ditandatangani oleh saya sendiri dan dimandatkan oleh tiga angkatan pemuda Muhammadiyah," kata Pedri kepada hakim.

Pedri juga menyerahkan barang bukti satu keping CD video lengkap Ahok saat berpidato di Kepulauan Seribu.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
28 Maret 2017 | 06:45
531 napi dapat remisi Hari Nyepi
24 Maret 2017 | 18:07
Anak gugat ibu kandung Rp1,8 M
24 Maret 2017 | 14:00
Jurus KPK jerat Setya Novanto
24 Maret 2017 | 08:02
KPK bantah ancam politisi Hanura
23 Maret 2017 | 04:11
Ngaku polisi, pria diciduk polisi
21 Maret 2017 | 18:57
Saksi ahli Ahok kritik fatwa MUI