Hukum

Habib Rizieq akan penuhi panggilan Polisi

3.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:11
11 JAN 2017
Dok. Habib Rizieq
Reporter
Arief Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Polda Jawa Barat memastikan imam besar FPI Habib Rizieq akan datang ke Mapolda Jawa Barat untuk dimintai keterangan sebagai terlapor kasus dugaan penghinaan Pancasila.

"Besok," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, Bandung, hari ini.

Habib Rizieq dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri ke Bareskrim Mabes Polri, Oktober 2016 karena dianggap telah melecehkan Pancasila. Namun, Bareskrim melimpahkan kasus itu ke Polda Jawa Barat.

Laporan Sukmawati ke Bareskrim dilatarbelakangi pernyataan Rizieq yang menyebut "Pancasila Soekarno ketuhanan ada di pantat, sedangkan Pancasila piagam Jakarta ketuhanan ada di kepala." Sukmawati mengaku tahu pernyataan tersebut dari video berisi ceramah Rizieq di wilayah Jawa Barat. 

Video tersebut sudah beredar dua tahun lalu. Sukmawati baru melaporkannya sekarang, lantaran ia mengaku baru tahu pada Juni lalu, saat Indonesia merayakan hari kelahiran Pancasila.

Yusri menjelaskan, polisi akan memperketat penjagaan di Mapolda karena akan dihadiri massa pro dan kontra terhadap imam besar FPI tersebut.

"Polda Jawa Barat mengantisipasi adanya bentrok," paparnya.

Sejauh ini, menurut Yusri, polisi belum mendapatkan informasi berapa jumlah massa yang akan datang ke Mapolda Jabar.  "Nanti kami melihat situasi dahulu. Kekuatan anggota yang di dalam Mapolda itu ada 3000-an, kami tinggal geser nanti untuk mengamankan, " jelasnya.
 
Yusri menegaskan, saat proses pemeriksaan, tidak ada massa yang boleh masuk ke dalam Mapolda Jabar. Menurutnya, hanya Habib Rizieq yang masuk untuk kepentingan proses pemeriksaan.

Terbaru
29 Maret 2017 | 08:50
"Ada ketakutan Ahok bebas"
28 Maret 2017 | 06:45
531 napi dapat remisi Hari Nyepi
Berita Terkait