Hukum

KPK periksa Choel Mallarangeng dalami kasus Hambalang

1.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:49
17 MAR 2017
Dok: Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel Malaranggeng. Foto: Antara
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Penyidik KPK kembali menjadwalkan pemeriksaan Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel Malaranggeng terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional, Hambalang, hari ini.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai tersangka," ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, hari ini.

Choel sendiri ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan penyidik KPK sejak Senin 6 Februari 2017 di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan bahwa KPK akan terus mengusut kasus ini hingga tuntas, "Semua peran serta orang yang terlibat disitu semua harus bertanggung jawab," kata Saut di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, Saut waktu itu hingga sekarang belum menjelaskan siapa saja yang pihak pihak yang menikmati aliran dana tersebut, sebelumnya dalam keterangan termasuk di persidangan terungkap nama gubernur aktif saat ini.

Saat ditanya tentang siapa nama gubernur yang sebelumnya pernah disebutkannya, apakah benar Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Choel hanya menjawab "Ada banyak dong, ada yang jadi gubernur juga sekarang, (siapa itu) Saya kira anda (ke wartawan) sudah tahu semua siapa itu," jawabnya dengan senyuman.

Aliran duit haram itu diduga mengalir ke Politikus PDIP tersebut sebesar Rp 2,5 miliar, informasi tersebut didapat dari eks petinggi PT Adhi Karya, Teuku Bagus M Noor saat bersaksi dalam sidang terdakwa Mahfud Suroso, beberapa waktu lalu. Dalam kesaksiannya, Teuku bahkan menyebut pemberian uang itu ada buktinya berupa kuitansi.

Saut tak membantah sejumlah fakta yang muncul dalam persidangan maupun pemeriksaan dapat ditindaklanjuti. Dengan begitu, diakui Saut, Choel bukanlah akhir cerita kasus Hambalang ini. Olly pun masih berpeluang dijerat menjadi pesakitan oleh lembaga antikorupsi. 

Terkait kasus korupsi Hambalang, Olly telah bolak balik diperiksa penyidik KPK. Meski demikian, Olly dalam beberapa kesempatan membantah kecipratan duit Hambalang.

Atas perbuataanya, Choel disangka melanggar Pasal Pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Terbaru
1 Mei 2017 | 10:55
KPK segera periksa Miryam
27 April 2017 | 18:20
Masinton terganggu sikap KPK
27 April 2017 | 14:29
Miryam jadi buronan KPK
25 April 2017 | 16:14
Ahok tebar canda tawa usai sidang
25 April 2017 | 14:28
Vonis Ahok dibacakan 9 Mei
25 April 2017 | 10:00
Ada 'Finding Nemo' di pledoi Ahok
22 April 2017 | 08:20
KPK masih usut korupsi BLBI