Hukum

Gubernur Pastika: pelaku pedofilia harus dihukum seberat-beratnya

1.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:22
19 MAR 2017
Editor
Chaerunnisa
Sumber
Antara

Rimanews - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan para orangtua untuk lebih waspada dalam menjaga anak-anak agar jangan sampai menjadi korban kejahatan pedofilia. Pastika juga mengungkapkan, para pelaku pedofilia harus dihukum seberat-beratnya.

"Kita semua anti pedofilia, dan pelakunya harus dihukum seberat-beratnya," kata Pastika dalam ajang Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS), di Denpasar, Minggu.

Selain tindakan hukum, lanjut Pastika, upaya pencegahan juga menjadi bagian yang tak kalah penting. Karena dalam sejumlah kasus, seringkali orangtua yang membiarkan anaknya diurus oleh orang asing.

Oleh karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam upaya memerangi kejahatan pedofilia yang belakangan makin meresahkan.

"Mereka (orangtua) seolah bangga manakala anaknya diundang oleh orang asing, dimandiin, dikasih permen, buku. Padahal itu pancingan. Seolah sayang dengan anak, padahal dimanfaatin untuk pedofilia," ujar Pastika.

Untuk itu, mantan Kapolda Bali itu mengimbau para orang tua, utamanya di daerah-daerah miskin agar jangan percaya 100 persen pada orang asing yang tak jelas.

Pada kesempatan itu, Pastika menyinggung pula upaya Pemprov Bali dalam mencegah meluasnya penyebaran penyakit Meningitis Streptococcus Suis (MSS) yang ditularkan melalui babi.

Dia memberi perhatian serius terhadap kasus ini dengan menerjunkan sejumlah ahli yang berkompeten di bidang kesehatan.

Para ahli saat ini tengah bekerja di lapangan dan diharapkan dapat mencegah meluasnya penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakteri, dan ditularkan melalui babi. Pastika juga mengingatkan masyarakat ikut proaktif dalam upaya pencegahan penyakit ini.

"Daging harus dimasak dengan benar," imbuhnya.

"Bagi peternak, selalu jaga kebersihan kandang dan proses pemotongan juga harus mengikuti kaidah yang berlaku. Jika semua proses itu diindahkan, saya yakin bisa dicegah," sambung Pastika.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
23 Maret 2017 | 04:11
Ngaku polisi, pria diciduk polisi
21 Maret 2017 | 18:57
Saksi ahli Ahok kritik fatwa MUI
21 Maret 2017 | 17:17
Syahrini wajib pajak terperiksa
21 Maret 2017 | 14:36
Saksi Ahok bantah mewakili PBNU