Hukum

KPK akan panggil kepala Bakamla

3.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:19
10 APR 2017
Dok. Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Arie Soedewo
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - KPK akan memanggil Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksamana Madya Arie Soedewo, dalam persidangan sebagai saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap terkait pengadaan satelit monitoring di Bakamla, Tahun Anggaran 2016. 

"Tentu kami akan lakukan koordinasi dengan pihak POM TNI terkait dengan rencana menghadirkan saksi tersebut," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Senin.

Pada sidang kasus Bakamla pada Jumat lalu, terungkap uang Rp 24 miliar dari Direktur PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah dan diserahkan kepada politisi PDI-Perjuangan Ali Fahmi untuk melancarkan proyek satellite monitoring, di Bakamla disebut juga mengalir ke DPR.

Terkait fakta persidangan yang menyebutkan indikasi peran Soedewo, dia mengatakan, KPK percaya komitmen panglima TNI dan tentu juga para pejabat di TNI. Saat ada pihak-pihak yang berasal dari latar belakang militer, KPK tidak punya kewenangan untuk memproses secara tersendiri. 

"Karena itu koordinasi yang intensif dengan POM TNI jadi sangat penting. Selain itu, terkait dengan kewenangan KPK jika pelaku berasal dari sipil sampai saat ini kami sedang memproses finalisasi pengembangan perkara. kami akan sampaikan perkembangan lebih lanjut bagaimana penanganan perkara itu," tuturnya.

Menurut Febri, penanganan kasus korupsi Bakamla terutama untuk kewenangan KPK belum berhenti pada sejumlah orang yang sudah diajukan di persidangan, yaitu berjumlah tiga orang dan satu orang yang masih diproses di penyidikan saat ini.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
21 Juni 2017 | 22:32
Miryam disidangkan usai Lebaran
19 Juni 2017 | 19:27
KPK pertanyakan surat Pansus DPR
18 Juni 2017 | 10:36
KPK memanipulasi dukungan publik
16 Juni 2017 | 20:30
Masinton: KPK bohong
16 Juni 2017 | 16:13
Ratu Atut dituntut 8 tahun bui
Hukum