Hukum

Ketua lelang e-KTP akui terima duit dari Sugiharto

6.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:40
20 APR 2017
Reporter
Oki
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ketua panitia lelang pengadaan proyek e-KTP, Drajat Wisnu Setyawan mengaku pernah menerima uang sebesar US$40 ribu dari terdakwa Sugiharto.

Namun, ia tidak mengetahui sumber tersebut merupakan uang dari proyek e-KTP atau bukan.

"Iya saya dapat langsung duitnya dari pak Giarto, US$40 ribu. Saya gak tahu, (karena) gak nanya pak (dari mana sumbernya). Yang saya ingat saat itu momennya lebaran. Mungkin (THR) untuk panitia lelang," ujarnya menjawab pertanyaan JPU KPK, Abdul Basyir di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Jalan Bungur Raya, Jakarta, hari ini.

Mendengar jawaban tersebut Jaksa pun kembali menanyakan digunakan untuk apa uang pemberian Sugiarto itu dan kapan waktunya.

Drajat pun mengaku uang tersebut dia simpan dan sudah dikembalikan kepada KPK saat Sugiharto ditetapkan sebagai tersangka korupsi e-KTP.

"Kami simpan dan sudah dikembalikan ke KPK. Ngasihnya pas proses lelang udah berakhir pak," jawabnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jaksa kembali menanyakan, apakah anggotanya juga pernah mendapat uang dari Sugiharto

"Kalau dari Pak Giharto saya nanya sih katanya nggak pada dapat duit, karena kalau untuk panitia lelang pintunya kan satu, lewat saya," katanya.

Sebagai informasi, dalam dakwaan terhadap Irman dan Sugiharto, Drajat disebut menerima aliran dana sejumlah US$ 615 ribu dan Rp 25 juta. 

Drajat juga disebut sebagai pihak yang ikut bersama-sama dengan dua terdakwa melakukan korupsi yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

Terbaru
21 Juni 2017 | 22:32
Miryam disidangkan usai Lebaran
19 Juni 2017 | 19:27
KPK pertanyakan surat Pansus DPR
18 Juni 2017 | 10:36
KPK memanipulasi dukungan publik
16 Juni 2017 | 20:30
Masinton: KPK bohong
16 Juni 2017 | 16:13
Ratu Atut dituntut 8 tahun bui
Hukum