Hukum

Hakim tolak eksepsi Saipul Jamil

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:05
18 MEI 2017
Dok. Saiful Jamil (Foto: Antara)
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Nota keberatan atau Eksepsi yang diajukan Saipul Jamil dalam perkara dugaan suap penanganan perkara pelecehan seksual di Pengadilan Jakarta Utara yang menyeret panitera pengganti, Rohadi, ditolak majelis hakim Tipikor.

Majelis hakim dalam putusan selanya menilai dakwaan jaksa KPK telah sah secara hukum dan sidang perkara suap Saipul Jamil dilanjutkan. 

"Perkara dilanjutkan dan memerintahkan jaksa untuk menghadirkan saksi-saksi ke persidangan," ujar anggota majelis hakim, Yotje Sampaleng di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Terkait permohonan Justice Collaborator (JC) yang diajukan Ipul, majelis hakim menilai akan mempertimbangkannya setelah melalui sidang pemeriksaan saksi, Kendati demikian, majelis akan melihat apakah Saipul bisa membuktikan keterlibatan pihak lain atau tidak.

Sementara itu, jaksa KPK meminta majelis hakim memberikan jadwal kepastian mengenai saksi-saksi yang akan diperiksa, mengingat beberapa saksi sudah ditahan.

Tim penasihat terdakwa, Tito Hananta Kusuma mengaku akan membuktikan bahwa kasus tersebut bukan penyuapan melainkan penipuan.

"Kita akan buktikan di dalam persidangan bahwa kasus ini penipuan, bukan penyuapan. Rohadi juga sudah mengaku menipu klien kami dan dia sudah minta maaf juga di dalam sidang. Itu yang akan kami buktikan," ujarnya.

Pihaknya juga fokus terhadap permohonan JC yang diminta. Sebab dia yakin Saipul bukan satu-satunya pihak yang memberi uang kepada Rohadi. Menurutnya, ada pihak lain dari anggota DPR RI yang pernah memberikan uang.

"Kita akan fokus terhadap permohonan JC yang diajukan Saipul. Karena Rohadi tidak hanya menerima uang dari Syamsul Hidayatullah (kakak Saipul), jadi pemberi uang lain juga harus diadili. Salah satunya adalah bekas hakim yang sekarang menjadi anggota DPR," ungkap Tito.

"Yang jelas ada pihak lain, saya lupa namanya," tuntas Tito.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
29 Mei 2017 | 16:48
Habib Rizieq tersangka
29 Mei 2017 | 14:09
Mendes tunjuk pengganti Sugito
27 Mei 2017 | 08:14
Dua ruangan di BPK disegel KPK
26 Mei 2017 | 20:43
KPK tangkap tangan pejabat BPK