Keamanan

Teroris "gonggong rebus" ditangkap karena sembunyikan warga Uyghur

2.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:12
21 DES 2016
Terduga teroris anggota Katibah Gonggong Rebus, Abisoko alias Abisya
Reporter
Angga Yudha Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Densus 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap terduga teroris anggota kelompok Katibah Gonggong Rebus (KGR) bernama Hari Abisoko alias Abisya di perumahan Sagulung Bahagia blok N/3 RT 003/008 Kota Batam karena menyembunyikan dua warga suku Uighur.

"Abisya turut menyembunyikan dua suku Uyghur Ali alias Faris Kusuma alias Nu Mehmet Abdulah Cuma dan Doni Sanjaya alias Muhammad alias Halide Tuerxun," ujar Kapolresta barelang Kombes Helmy Santika, hari ini.

Sebelum menangkap Abisya, Densus 88 juga seorang anggota Katibah Gonggong Rebus di Kabupaten Deliserdang bernama Syafii. Syafii merupakan terduga teroris yang melarikan diri saat kasus terorisme di Batam Agustus lalu dan berasal dari Sibiru-biru. 

Bersama Gigih Rahmat Dewa, Abisya melakukan pemanduan Bai'at kelompok Katibah Gonggong Rebus di Hutan Seladi Batam dan Perumahan Pasar Botania II pada Agustus dan September 2015 lalu.
 
Abisya juga tercatat sebagai pengelola biro perjalanan Rafiqa Travel milik Bahrun Naim. Abisya berperan sebagai perekrut orang yang akan bergabung ke kelompok Katibah Gonggong Rebus.
 
"Saat ini tersangka dibawa ke mako brimob polda kepri untuk pemeriksaan. sedangkan TKP masih dilakukan penggeledahan oleh petugas," ungkap Helmy. 

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
23 Maret 2017 | 11:10
WNI aman dari teror London
28 Februari 2017 | 16:05
Pelaku teror Bandung siapkan dua bom
27 Februari 2017 | 15:49
Pelaku bom Bandung berinisial YC
Keamanan