Keamanan

Kapolri minta waspadai Trump effect

3.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:07
25 JAN 2017
Dok: Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Antara
Reporter
Febrianto
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta masyarakat untuk waspada mengenai penggerusan demokrasi pasca terpilihnya Donal Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Trump dinilai tidak begitu suka dengan liberal demokrasi. 

"Ini membuat gelombang demokratisasi bisa menjadi terhenti karena dia lebih menyukai otokritik. Akan berdampak ke seluruh dunia termasuk Indonesia," ujar Kapolri saat membuka Rapim Polri 2017 di Gedung PTIK, hari ini.  

Dalam pidato pasca pelantikan, Trump mengindikasikan akan menjaga ekonomi AS dari serangan produk-produk negara lain. Sebagai negara berkembang, Indonesia dinilai akan terkena dampak tidak langsung, terkait perdagangan Indonesia dengan RRC.

Kekhawatiran lainnya ialah dengan kebijakan Trump yang dengan sekuat tenaga menekan dan menghancurkan kelompok radikal islam. 

"Ini jelas akan berpengaruh ke Indonesia yang mayoritas muslim," sambung Tito. 

Selain Indonesia, Trump Effect juga akan berdampak kepada situasi regional dan internasional seperti di timur tengah melalui kebijakan-kebijakan ekonominya. 

"Bagaimana membuat rakyat amerika sejahtera dimana mengurangi dampak amerika di luar negeri, lalu kebijakan Trump ditunggu di dunia dan ketidaksetujuannya dengan militer," ungkap Tito.

"Kebijakan ekonomi yang lebih mengutamakan kepada perlindungan berdampak ke free trade dia tidak begitu suka dengan perdagangan bebas termasuk repatriasi," tandas Tito.

Terbaru
26 Mei 2017 | 10:31
Terorisme tak punya agama
28 April 2017 | 23:38
TNI tangkap imigran asal Somalia