Keamanan

Kerusuhan di Sugapa Papua, satu tewas

2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:13
24 FEB 2017
Dok. Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw
Reporter
Sumber
Antara

Rimanews - Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan dari laporan yang diterima satu warga dilaporkan meninggal dalam insiden kerusuhan yang terjadi di Sugapa, Kamis kemarin.

"Dari laporan yang diterima korban yang meninggal bernama Kolenga Wenda (45 th)," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura, Jumat.

Waterpauw mengatakan, selain satu meninggal juga ada yang luka-luka serta ada honai (rumah) yang dibakar .Namun laporan itu berasal dari anggota Komnas HAM Natalius Pigai, sementara dari Kapolres Paniai, AKBP Leonardo Nabu belum ada korban meninggal hingga kini.

"Kemungkinan masalah komunikasi menjadi kendala utama yang menyebabkan belum adanya laporan dari Kapolres Paniai yang wilayahnya membawahi Kabupaten Intan Jaya," kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.

Kapolda Papua mengakui, dari laporan sementara terungkap insiden itu disebabkkan terjadi akibat masyarakat diprovokasi hingga menjadi anarkis.

Identitas provokatornya sudah diketahui yaitu berinisial MT dan polisi akan meminta pertanggung jawaban dari yang bersangkutan, kata Irjen Pol Waterpauw seraya menambahkan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, polda akan menambah personil ke Sugapa.

Sekitar 80-an personil Brimob akan dikirim ke Sugapa dari Nabire, termasuk brimob asal Polda Bali, kata Waterpauw.

Dia juga  telah meminta tambahan personel Brimob dari Mabes Polri karena meningkatnya suhu keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas pascapemungutan suara, 15 Pebruari 2017.

 

KATA KUNCI : , , , , ,
Keamanan