Kriminal

Kronologi penangkapan buron perampok Pulomas Ius Pane

6.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:49
01 JAN 2017
Ius Pane ditangkap
Reporter
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana, membeberkan kronologi penangkapan Ius Pane alias Ridwan Sitorus alias Marihot Sitorus di pool Bus Antara Lintas Sumatera (ALS) di Jalan Sisingamaraja, Medan, tadi pagi. 

Ius disergap saat turun dari Bus ALS yang ditumpanginya. Menurut Sapta, anak buahnya sudah mengintai Ius sejak Jumat lalu saat diperoleh informasi bahwa anggota garong pimpinan Ramlan Butar Butar itu berada dalam bus ALS nomor bodi 333. “Bus itu berangkat dari Bogor menuju Medan pada Kamis (29/12) lalu,” kata Sapta, hari ini.

Ius ditangkap anggota Jatanras Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Timur dan Polres Depok di Pool Bus Antar Lintas Sumatera (ALS) di Jalan Sisingamangaraja Medan pada pukul 07.45 WIB, pagi tadi. Penangkapan dipimpin langsung oleh Sapta. Penangkapan Ius ini merupakan pengembangan dari penangkapan Erwin Situmorang dan Philip Napitupulu, serta Alfins Sinaga, beberapa hari setelah insiden perampokan dan penyekapan di rumah Dodi Triono, di Pulomas, Jakarta Timur, yang menewaskan enam orang.

Sapta menjelaskan, berbekal informasi itu, tim Resmob yang dipimpin Kanitnya, AKP Abdi Harahap mencoba menjaga pelaku di pangkalan ALS di kawasan Marindal, Medan. Begitu turun, pelaku yang rencananya akan pindah mobil untuk menuju Belawan, Simpang Pajak, langsung disergap. “Saat ditangkap, pelaku tak melakukan perlawanan,” ujar Sapta.

Rencananya, kata Sapta, Ius akan kabur ke rumah kerabatnya di kawasan Belawan. Ius lari setelah melihat rekan-rekannya ditangkap, bahkan bosnya Ramlan Butar Butar tewas ditembak. 

“Jadi setelah melihat banyak yang tertangkap, pelaku langsung pergi dari rumahnya di Cilangkap, Depok,” sambungnya.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sebuah tas berisi baju dan handphone pelaku. Sementara airsoft gun yang digunakan saat merampok di rumah Dodi disimpan di Depok. “Pelaku juga menyebut tak ada barang-barang lain dari hasil perampokan lain. Karena semuanya sudah dibagi rata,” kata dia.

Terbaru
19 April 2017 | 19:34
PT KAI serius berantas copet
19 April 2017 | 00:14
Kakek cabuli bocah SD diringkus