Kriminal

Ratusan kilogram wortel Malaysia gagal diselundupkan ke Indonesia

1.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
01:06
14 MAR 2017
Dok. wortel
Editor
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ratusan kilogram wortel asal Malaysia gagal diselundupkan ke Indonesia, karena disita petugas Polres Bulungan, Kalimantan Timur.

Dikutip dari TribratanewsPolri, kemarin, Kasubbag Humas Polres Bulungan Aiptu Tutut Murdayanto mengatakan, kasus penyelundupan wortel itu terbongkar petugas, pekan lalu, dan barang bukti berupa 25 kardus wortel dan telah diserahkan ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Tarakan, Tanjung Selor.

"Wortel ilegal itu milik seorang ibu berinisial WS yang telah diamankan Polres Bulungan," katanya.

Penangkapan WS bermula saat tim Polres Bulungan melakukan patroli dan melihat speedboat asal Tarakan sedang melakukan bongkar muat wortel di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor Hilir.

"Berdasarkan pengakuan WS, ia sengaja mendatangkan wortel dari Negeri Jiran ke Tanjung Selor dikarenakan stok wortel di pasaran sedang kosong," kata Tutut.

Penanggung Jawab BKP Kelas II Tarakan, Rozalo Velly membenarkan telah menerima pelimpahan 25 kardus berisikan ratusan wortel ilegal dengan berat sekitar 225 Kilogram yang diamankan polres Bulungan. 

"Kasus masuknya wortel ilegal ke Tanjung Selor ini yang kedua kalinya. Sebelumnya dibulan Febuari sudah ada oknum pelaku berinisial BN yang menjalani pemeriksaan oleh Penyidik Pengawai Negeri Sipil BKP Tarakan," katanya.

Wortel yang masuk secara ilegal ini, menurut Rozalo, tidak disertai sertifikat kesehatan dari negara asal yakni Malaysia.

"Padahal setiap pemasukan sayuran segar ke dalam wilayah Indonesia wajib dilengkapi sertifikat," kata dia.

Terbaru
19 April 2017 | 19:34
PT KAI serius berantas copet
19 April 2017 | 00:14
Kakek cabuli bocah SD diringkus