Kriminal

Beli ikan pakai uang palsu, warga Sumedang ditangkap

2.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:44
01 APR 2017
ilustrasi
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Peredaran uang palsu diprediksi kembali marak setelah polisi menangkap warga Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang kedapatan memiliki beberapa lembar uang palsu. Pelaku ditangkap usai membelanjakan uang palsu miliknya di pasar tradisional Tanjungsari.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya menerima laporan dari pegadang ikan yang menerima uang palsu pecahan Rp 100 ribu dari pelanggan bernama Sukmadewi.

"Laporan berawal dari IIS pedagang yang menerima pembayaran pembelian ikan seharga Rp 17.000 dari pembeli atas nama Sukmadewi yang membayar dengan pecahan uang Rp 100.000. Namun, saat dicek keaslian uang tersebut diragukan, sehingga dilaporkan ke Polisi," kata Yusri, hari ini.

Saat menerima laporan, Polsek Tanjungsari langsung memanggil Sukmadewi, hasilnya ditemukan enam lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 di rumahnya.

"Petugas Reskrim menemukan enam lembar pecahan Rp 100 ribu di kediaman Sukmadewi. Lalu diamankan untuk barang bukti," jelas Yusri.

Sukmadewi sendiri hingga kini belum mau mengungkapkan dari mana ia mendapatkan uang palsu (upal) tersebut.

"Petugas masih menelusuri asal muasal upal ini dari mana, apalagi Sukmadewi memiliki 7 lembar uang pecahan Rp 100 ribu. Polsek Tanjungsari sendiri akan meminta keterangan kepada keluarga Sukmadewi terkait uang palsu yang dimilki Sukmadewi ini," paparnya.

Kasus upal di Tanjungsari ini sendiri, masih dalam pengembangan dan melibatkan Satreskrim Polres Sumedang.

"Diduga ada bandar atau pencetak upalnya di wilayah sekitar Sumedang, hingga kini masih kami telusuri," pungkasnya.  

KATA KUNCI : , , , , , ,
Terbaru
20 Juni 2017 | 19:38
Penembak Davidson tewas didor
Kriminal