Kriminal

Bawa dolar palsu senilai Rp4 miliar, dosen Haluoleo ditangkap

1.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:14
16 MEI 2017
Dok. Dolar.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Dosen Universitas Haluoleo ditangkap usai kedapatan membawa dolar dan rupiah palsu senilai Rp 4 miliar saat akan terbang dari Kendari ke Jakarta menggunakan pesawat Batik Air.

Keberadaan uang palsu tersebut diketahui saat petugas keamanan bandara melakukan pemeriksaan X-ray tas merk Polo milik tersangka yang terindikasi berisi uang palsu.

Direktur Kriminal Khusus Polda Sultra Kombes Pol Wia Satya mengatakan uang dolar Amerika pecahan 100 dolar yang diduga palsu sebanyak 2.899 lembar atau setara dengan Rp4 miliar lebih.

Barang bukti lain yang ditahan aparat berupa 3 telepon seluler merek nokia, samsung dan nixon. Tiga tersangka itu dikenakan UU 244 KUHP dan 245 dan hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Kombes Wira Satya menambahkan untuk kasus mata uang rupiah diduga palsu akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia, sedangkan pecahan dolar akan berkoordinasi dengan kedutaan Amerika di Jakarta.

Terkait hal ini, Universitas Haluoleo menyerahkan sepenuhnya ke proses hukum terhadap oknum dosen yang diduga kuat terlibat tindak pidana mengedarkan uang palsu.

Wakil Rektor I Universitas Haluoleo Prof. Hilaluddin di Kendari, Selasa (16/05/2017), mengatakan, dugaan tindak pidana yang menerpa lingkungan kampus memprihatinkan karena idealnya menjadi panutan.

"Tidak seorang pun yang menghendaki hidupnya kelabu karena persoalan hukum. Tetapi suratan tidak bisa dipungkiri sehingga ada saja yang terseret kasus hukum," kata Hilaludin.

Terbaru
20 Juni 2017 | 19:38
Penembak Davidson tewas didor
Kriminal