Peristiwa

Antoni Tsaputra mahasiswa difabel S3 Indonesia di Sydney

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
06:40
10 JAN 2017
Antoni Tsaputra sedang menempuh pendidikan S3 di UNSW. Foto: Istimewa
Reporter
Febrianto
Sumber
Rimanews

Rimanews - Anton Tsaputra, seorang mahasiswa Indonesia difabel tercatat sedang menyelesaikan pendidikan doktoral di Universitas New South Wales di Sydney.

“Saat ini saya sedang menempuh program PhD di Jurusan Ilmu Sosial  di School of Social Sciences UNSW Australia, memasuki semester ke 5. Penelitian saya adalah tentang penganggaran pemerintah yang inklusif terhadap penyandang disabilitas,” kata Anton dalam wawancara dengan Australiaplus.

Dalam penjelasannya, pria kelahiran Padang itu menjelaskan, selama tinggal di Australia merasakan dan menikmati kebebasan gerak dan mobilitas dikarenakan fasilitas umum dan transportasi yang mudah diakses oleh pengguna kursi roda. “Ditambah lagi ketersediaan teknologi yang membantu  seperti kursi roda listrik  yang sangat menunjang mobilitas saya,” katanya.

Dia membandingkan, saat berkuliah S1 di Indonesia yang sama sekali tidak ada fasilitas fisik dan non-fisik yang mengakomodir kebutuhan khusus mahasiswa disabilitas terutama pengguna kursi roda. “Semua harus saya dan keluarga pikirkan sendiri bagaimana mengatasi ketiadaan akses di kampus dan fasilitas umum,” kata Anton. 

Dia berharap Indonesia akan semakin inklusif terhadap penyandang disabilitas dalam pembangunan.Jika saat ini Indonesia memfokuskan pada pembangunan infrastruktur maka inklusivitas disabilitas seharusnya juga bisa diintegrasikan ke dalamnya melalui perencanaan dan penganggaran pembangunan infrastruktur yang inklusif disabilitas. 

“Dengan demikian sebagai contoh ketika membangun sarana umum dan transportasi juga dipikirkan apa yang menjadi kebutuhan khusus disabilitas,” katanya.

Dia juga berpesan kepada teman-teman disabilitas di Indonesia, Australia atau dimana saja yang ingin maju di pendidikan, agar tetap berusaha mewujudkan impian melanjutkan studi setinggi-tingginya.

“Pendidikan adalah salah satu jalan bagi disabilitas atau difabel untuk bisa hidup mandiri dan berkontribusi positif ke masyarakat dan pemerintah,” kata Anton.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
23 Januari 2017 | 19:47
Pasar Senen jangan berubah jadi mal!
23 Januari 2017 | 14:32
Gempa 5,1 SR guncang Sukabumi
22 Januari 2017 | 06:34
Ibu rumah tangga tewas terpanggang
22 Januari 2017 | 05:31
Siang ini, Jakarta diprediksi hujan
21 Januari 2017 | 20:23
Pria tewas dililit ular piton
20 Januari 2017 | 17:15
Lift jatuh di gedung BRI II Sudirman
20 Januari 2017 | 10:16
Kebakaran di Pasar Senen belum padam
20 Januari 2017 | 05:04
Riwayat api melahap Pasar Senen
19 Januari 2017 | 01:02
Petani tewas tersambar petir