Peristiwa

Jembatan Cianjur-Bandung ambrol diterjang banjir

3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:22
17 FEB 2017
Dok. Jembatan ambles
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - Jembatan penghubung Kabupaten Cianjur dan Bandung di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, roboh karena diterjang air bah, mengakibatkan terputusnya jalur transportasi dari dua wilayah ini.

"Ambrol. Sebagian badan jalan juga ikut tergerus," kata Rukman, warga setempat, hari ini.

Dia menjelaskan, ambrolnya jembatan yang merupakan akses warga satu-satunya menuju Cianjur atau sebaliknya, diawali hujan deras sejak pagi hingga sore menjelang, membuat arus sungai di bagian bawah jembatan mengalami peningkatan.

"Untungnya saat ambrolnya jembatan tidak ada warga yang melintas karena tidak tahu pasti kejadiannya jam berapa. Tapi pagi hari kami menemukan jembatan dan landasan jalan sudah terputus sebagian. Sedangkan arus air di bagian bawah jembatan cukup tinggi dan deras," katanya.

Saat ini kondisi jembatan sudah tidak dapat dilalui kendaraan roda empat karena sebagian badan jalan yang tergerus terus meluas, sehingga berbahaya jia dilalui kendaraan roda empat atau kendaraan besar seperti truk dan elf. 

Untuk sementara, warga bergotong royong membangun jembatan darurat yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki, agar aktifitas warga di wilayah tersebut tetap dapat berjalan.

"Rusak parah terlihat di badan jalan yang terpisah jarak beberapa meter dari jembatan. Sebagian besar badan jalan ambruk dan terputus," katanya.

Terbaru
24 Juni 2017 | 13:01
Arus mudik 2017 lebih terkendali
15 Juni 2017 | 19:09
NU tolak full day school
Peristiwa