Peristiwa

Din terkenang humor-humor segar Kiai Hasyim

1.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:27
16 MAR 2017
Dok. Almarhum KH Hasyim Muzadi (Foto: Antara)
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsudin mengenang almarhum KH Hasyim Muzadi sebagai orator ulung yang memiliki wawasan keislaman cukup namun dibumbui humor-humor segar

"Beliau seorang orator ulung yang berbicara penuh makna," kata Din di rumah duka Komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Kukusan Beji, Depok, Kamis.

KH Hasyim yang lahir di Bangil, Tuban, Jawa Timur pada 8 Agustus 1944 itu wafat pada Kamis pagi pukul 06.15 WIB di Malang, Jawa Timur. Kiai Hasyim sempat dirawat di Rumah Sakit RS Lavalette, Kota Malang, namun kondisinya membaik dan diperbolehkan menjalani rawat jalan. Mantan Ketua Tanfidziyah PBNU meninggal di rumahnya, kompleks Ponpes Al Hikam, Malang.

Din mengaku, selalu senang ketika mendengar ceramah Hasyim yang berkesan pada hati jemaah. Dia menilai Hasyim memiliki pemikiran strategis tentang bagaimana menempatkan Islam dalam konteks Indonesia.

Din mengisahkan ketika dia masih menjabat Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Hasyim menjabat Ketua Umum PBNU, keduanya saling bersilaturahim memperkuat organisasi Islam besar demi membantu menyelesaikan masalah bangsa.

"Kita sepakat untuk sering berkunjung, dan setiap jelang 1 Muharram ada pertemuan PP Muhammadiyah dan PBNU, itu berlangsung terus menerus selama beberapa tahun, tapi sayang saat ini sudah tak dijalankan," kenang Din.

Din mengucapkan selamat jalan kepada Kiai Hasyim dan mendoakan agar segala amal perbuatannya diterima Allah SWT.

Terbaru