Peristiwa

Polda Jabar alihkan lalu lintas Bandung-Garut

1.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:11
20 MAR 2017
Wakapolda Jabar Brigjen Bambang Purwanto, mengatur lalu lintas di lokasi banjir, Kabupaten Bandung. Foto: Arief/Rimanews
Reporter
Febrianto
Sumber
Rimanews

Rimanews - Banjir di jalan raya rancaekek yang terjadi sejak Sabtu malam hingga Senin pagi ini, belum juga surut. Akibatnya sejak sabtu malam lalu kendaraan yang hendak menuju ke Garut, dialihkan ke arah Sumedang melalui parakan Muncang.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus memaparkan, banjir di jalan raya rancaekek memang belum surut, hal ini karena curah hujan yang begitu tinggi sejak Sabtu lalu. "Pagi ini genangan air di jalan raya Bandung - Garut tepatnya di Rancaekek kembali tinggi, sehingga petugas di lapangan melakukan pengalihan arus," jelas Kabid Humas Kombes Pol Yusri Yunus, hari ini.

Banjir yang terjadi tepatnya di depan Pabrik Kahatex terjadi akibat luapan sungai Cikijing. Banjir terjadi akibat sungai tak mampu derasnya debit akibat curah hujan yang terus-menerus mengguyur wilayah Kabupaten Bandung.

Bahkan, sejak pagi pukul 08.00 WIB, Wakapolda Jabar Brigjen Bambang Purwanto turun langsung memantau arus lalu lintas di lokasi banjir Rancaekek yang menggenangi jalan utama Bandung-Garut.

"Pak Wakapolda pagi tadi memantau langsung banjir di jalan raya Rancaekek, bahkan beliau mengatur langsung lalu lintas di jalan raya Rancaekek depan PT Kahatex tersebut," papar Yusri.

Meski belum surut, petugas Polda Jabar dari Sabhara dan Brimob terus dikerahkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

Genangan air di depan PT. Vonex dan Kahatex, Jl Raya Rancaekek arah Cileunyi genangan air setinggi 40 sentimeter. Lalu di depan PT. Kahatex arah Garut genangan air setinggi 40 sentimeter.

"Saat ini kendaraan roda 4 kecil dan sejenisnya serta roda 2 didorong untuk melintas, sedangkan kendaraan jenis truk/bus bisa melintas genangan air," jelasnya.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan, saat ini diupayakan melakukan pengalihan arus dari Nagreg arah Cileunyi menggunakan rute Cicalengka Lama-Cikancung-Majalaya-Rancaekek- Cileunyi. Sedangkan dari  Cileunyi arah Nagreg menggunakan rute Jatinangor-Tanjung Sari- Simpang Sumedang-Parakan Muncang-Cicalengka.

Terbaru
23 Mei 2017 | 19:53
Polisi gerebek penimbun BBM
23 Mei 2017 | 16:19
Pendemo skandal BLBI ricuh
22 Mei 2017 | 09:06
Hari ini Jakarta cerah berawan