Bisnis

Aturan baru taksi online berlaku mulai 1 April

2.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:32
21 MAR 2017
Dok. Taksi online (Foto: Antara)
Reporter
Angga Yudha Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kementerian Perhubungan akan memberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek mulai 1 April mendatang.

"Pemberlakuan tetap 1 April, tapi butir-butirnya kita kasih toleransi untuk kita lakukan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Mabes Polri, hari ini. 

Dalam Permenhub 32 terdapat beberapa butir-butir yang harus diikuti oleh perusahaan penyedia jasa angkutan umum berbasis aplikasi. Di antaranya, jenis angkutan sewa, kapasitas silinder mesin kendaraan, batas tarif angkutan sewa khusus, kuota jumlah angkutan sewa khusus dan kewajiban STNK berbadan hukum. 

Selain itu, ada butir berupa pengujian berkala atau KIR, ketersediaan pool, bengkel, pajak, akses digital dashboard dan sanksi. 

Dari belasan butir itu, kata Menhub, tidak semua efektif berlaku 1 April. Kemenhub masih akan berdiskusi dengan Pemda serta Kepolisian daerah. Karena nantinya tarif angkutan online itu ditentukan pemerintah daerah. 

"Satu daerah (tarifnya) beda dengan daerah lain. (Pemerintah) Daerah kita kasih kewenangan untuk mendiskusikan, mengusulkan. Nanti kita akan putuskan seperti apa," kata Budi. 

"Makanya kita juga menyampaikan kepada Pemda, kepada Polda jangan langsung melakukan penegakan hukum karena butuh waktu," sambung Menhub.

Terbaru
19 Maret 2017 | 07:10
Pebisnis harus berpikir tak biasa
16 Maret 2017 | 21:16
Bisnis properti akan tumbuh wajar