Peristiwa

Gempa 5 SR guncang Gorontalo

1.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:49
29 MAR 2017
Ilustrasi
Editor
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 skala richter mengguncang Gorontalo, Rabu sore pukul 15.20 WIB, kata prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo, Fathuri.

Gempa terjadi di lokasi 123,44 derajat bujur timur dan 0.09 derajat lintang utara dengan kedalaman 115 kilometer, serta pusat gempa di Teluk Tomini arah Selatan Taludaa, atau sekitar 70 kilometer Barat Daya Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan pihaknya sementara menunggu laporan dari warga bila ada kerusakan.

"Melihat parameter gempa dan peta guncangan, diperkirakan tidak ada kerusakan yang berarti. Tapi, jika ada yang menemukan kerusakan, kami berharap bisa melapor ke BMKG," ujarnya dikutip dari Antara, hari ini.

Gempa sempat dirasakan sebagian warga Gorontalo, namun tidak menimbulkan kepanikan.

BMKG mencatat bahwa Gorontalo merupakan salah satu daerah yang paling rawan terjadi gempa bumi.

Fathuri mengatakan, besarnya guncangan gempa yang terasa ditentukan oleh besarnya magnitude dan kedalaman pusat gempa yang terjadi.

"Kadang kekuatan gempanya besar, tapi kedalamannya jauh biasanya guncangan tidak terasa, demikian juga sebaliknya," ujar Fathuri.

Lempeng yang paling berpengaruh di wilayah Gorontalo dan sekitarnya, menurut dia, adalah lempeng Pasifik. Adapun lempeng Indoaustralia hanya memiliki pengaruh kecil terhadap seluruh gempa yang terjadi di daerahnya.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
23 April 2017 | 20:00
Rahasia bugar Menteri Khofifah