Peristiwa

Pembubaran HTI tambah runyam masalah nasional

2.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:05
09 MEI 2017
Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kebijakan pemerintah untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan menambah runyam situasi nasional yang sudah hiruk pikuk.

"Terlepas dari 5 poin alasan yang disampaikan pemerintah, masyarakat Indonesia khususnya kalangan muslim akan memiliki bacaan dan reaksi yang belum tentu sejalan dengan pemerintah," kata politisi PKS, Mahfudz Siddiq di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Rencana pembubaran HTI sambungnya, merupakan ujian bagi otoritas kekuasaan pemerintah.

"Apakah rencana dan langkah pembubaran yang akan diambil akan merupakan keputusan politik yang tepat, didukung oleh kalangan ummat dan sesuai niatnya mampu menentramkan kembali situasi politik nasional yang sedang hiruk-pikuk," ujarnya.

Menurutnya, ada tiga hal serius yang harus dipikirkan oleh pemerintah termasuk presiden jika benar-benar akan melakukan upaya pembubaran ini.

"Pertama, di banyak kalangan masyarakat muslim ada pengetahuan bahwa rencana ini merupakan bagian dari instruksi presiden Jokowi kepada jajaran polhukam. Artinya mereka akan menafsirkan bahwa ini adalah maunya presiden. Apalagi pernyataan presiden Jokowi tepat sehari sebelum pernyataan Menkopolhukam soal rencana pembubaran," ujar Mahfudz.

HTI menurutnya. adalah ormas keagamaan yang terdaftar resmi di pemerintah. Aktivisnya dari kalangan pemuda terdidik dan tersebar di banyak kota. Jika ada pemikiran dan cita-cita mereka yang tidak sejalan dengan konstitusi, undang-undang dan konteks keIndonesiaan, maka tugas negara pula untuk membina secara positif dan konstruktif.

Jalur pembubaraan melalui mekanisme hukum hanya dilakukan jika benar- benar terbukti mereka secara organisasi melakukan pembangkangan, pengkhianatan dan makar terhadap negara. Dan itupun harus dibuktikan melalui proses peradilan.

"Saya menilai sejauh ini pemerintah belum melakukan pendekatan edukasi dan persuasi yang cukup.
Jadi saya hanya ingin mengingatkan kepada pemerintah bahwa rencana pembubaran HTI yang dilakukan dalam situasi dan dengan cara seperti ini, nampaknya hanya akan menambah kerunyaman situasi nasional dan menambah suram hubungan pemerintah dengan ummat Islam," pungkas Mahfudz.

Terbaru
24 Juni 2017 | 13:01
Arus mudik 2017 lebih terkendali
Peristiwa
Sponsored