Peristiwa

Mahfud: Umat Islam mayoritas, tapi merasa kecil

3.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:59
13 JUN 2017
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013) Mahfud MD
Editor
Dhuha Hardiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013) Mahfud MD mengatakan umat Islam di Indonesia adalah mayoritas tetapi merasa kecil secara sosial karena kehidupan yang kurang sejahtera.

"Umat Islam yang mayoritas di Indonesia, tapi dalam kehidupan sosial merasa kecil," katanya dalam dialog "Refleksi Kebangsaan: Merawat Kebhinnekaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI" di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa.

Kesenjangan sosial, katanya, karena adanya praktik-praktik transaksional, sehingga ada oknum-oknum yang turut menumpang melakukan transaksional.

Persoalan ketidakadilan dan kesenjangan sosial terjadi karena sekelompok kecil masyarakat menjadi dominan disebabkan secara secara finansial merasa sangat besar.

"Guna memperbaiki kondisi masyarakat Indonesia, maka kesenjangan sosial ini harus diperbaiki dan masyarakat miskin diminimalisir," katanya.

Namun, Mahfud MD merasa bersyukur hidup di Indonesia karena dapat hidup dengan sangat nyaman, bahkan lebih nyaman dari pada umat Islam di Arab Saudi. Menurut Mahfud MD, kehidupan antarumat beragama di Indonesia berjalan rukun dan damai dan tidak ada masalah.

"Di antara umat beragama di Indonesia, tidak ada rasa permusuhan. Dalam kehidupan sehari-hari terjalin dengan akrab dan bersahabat," katanya.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
24 Juni 2017 | 13:01
Arus mudik 2017 lebih terkendali
15 Juni 2017 | 19:09
NU tolak full day school
Peristiwa