Peristiwa

Djarot titipkan keamanan ibu kota kepada Kapolda dan Pangdam

3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:33
16 JUN 2017
Dok. Djarot Saiful Hidayat
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Rimanews

Rimanews - Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, berkoordinasi dengan Polda Metro dan Kodam Jaya terkait pengamanan ibukota selama arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Kami selalu berkoordinasi. Pangdam dan Kapolda juga selalu menghimbau supaya para pemudik tidak menggunakan sepeda motor, sepeda motor bisa dititipkan di kantor-kantor polisi, kantor-kantor TNI, dan kantor-kantor pemerintah," kata Djarot kepada wartawan di kawasan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, hari ini.

Djarot hari ini  Djarot berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-490. Djarot tiba di TMP Kalibata tadi pagi sekitar pukul 07.40 WIB. Ia kemudian menyambangi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi yang telah lebih dahulu tiba di lokasi. Mereka kemudian menuju tempat upacara dan Djarot bertindak sebagai pemimpin upacara.

Seusai upacara, Djarot beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah dan jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta ditemani Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya menuju sejumlah makam pahlawan lalu secara bergantian menabur bunga.

Djarot menjelaskan, masyarakat Jakarta harus memastikan keamanan di rumahnya masing-masing sebelum berangkat mudik ke kampungnya masing-masing. 

"Listrik harus dimatikan, setop kontak harus dilepas, pintu harus dikunci, kalau perlu kunci dititipkan kepada tetangga yang tidak pulang kampung, ya kami intinya selalu koordinasi dengan Kepolisian dan TNI," sambungnya.

Djarot juga menyebutkan ada antisipasi yang perlu dilakukan pada saat malam takbiran di ibu kota, karena akan ada festival bedug lebaran di Balaikota pada saat malam takbiran.

"Tadi sudah saya laporkan kepada Pangdam maupun Kapolda, bahwa untuk malam takbiran, kami bikin festival bedug lebaran di Balaikota, dan malam takbiran tanggal 24 Juni ya, malam minggu. Sehingga bagi warga masyarakat yang akan ikut malam takbiran di Balaikota, kami persilahkan. Karena kami akan bikin festival bedug, ada 44 bedug tambah enam bedug, berarti ada 50 bedug yang akan ditabuh di Balaikota," ujar Djarot.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pangdam dan Gubernur terkait antisipasi pengamanan lebaran di ibukota tahun ini.

"Ya kami juga sudah rapat koordinasi bersama Pak Gubernur dan Pangdam, kemarin rapat lintas sektoral ya, beberapa antisipasi menjelang lebaran, baik arus mudik maupun balik, sudah kami tindak lanjuti, termasuk kami meninjau beberapa BBM-BBM yang kira-kira nanti akan habis, kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina. Kemudian masalah stabilitas pangan, kami juga sudah koordinasi dengan Pemda DKI dan Bulog, kami juga sudah melakukan operasi-operasi, sehingga alhamdulillah semuanya harga bahan pokok bagi masyarakat stabil," kata Iriawan.

Terbaru
24 Juni 2017 | 13:01
Arus mudik 2017 lebih terkendali
15 Juni 2017 | 19:09
NU tolak full day school
Peristiwa