Peristiwa

4 jam antre masuk kapal demi pulang kampung

11.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:01
23 JUN 2017
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Pengguna kendaraan roda empat tujuan Sumatera harus rela mengantre selama empat jam untuk masuk kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/06/2017) pagi.

Seorang pemudik tujuan Sumatera Barat, Firdaus, mengaku harus antre dari jam 24.00 WIB untuk masuk ke kapal yang akan membawanya ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Macet dari gerbang tol Merak hingga Pelabuhan Merak," katanya.

Firdaus yang mudik bersama teman-temannya mengaku terpaksa sahur di jalan karena kemacetan tersebut.

Kemacetan menuju Pelabuhan Merak terjadi hingga empat kilometer. Hingga Jumat pagi, antrean kendaraan roda empat dan dua menuju Pelabuhan Merak masih terjadi.

Sebelumnya, ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 Lebaran, atau tadi malam.

Direktur PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Tommy L Kaunang mengatakan pihaknya menyiapkan 17 loket di Dermaga VI.

"Kami menyiapkan 17 loket yang terdiri dari empat loket untuk pemudik yang sudah membeli tiket melalui online dan 13 loket untuk pembelian tiket langsung," katanya.

Aparat kepolisian juga menerapkan sistem buka tutup di jalan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak.

Untuk menuju Pelabuhan Merak terdapat dua jalur, untuk kendaraan roda empat yang keluar tol Jakarta-Merak bisa menggunakan ruas jalan Cikuasa Atas, sementara kendaraan roda dua dan empat dari arah Cilegon dapat menggunakan ruas Jalan Raya Merak.

Menteri tinjau jalur macet Pantura

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah ruas jalan tol dan non tol serta jembatan yang berpotensi terjadi kemacetan saat dilalui pemudik sebelum Lebaran.

Di Cirebon, pada hari ini, Budi Karya akan meninjau antara lain Palimanan, Jembatan Cisomang, Tol Purbaleunyi, Tol Cipularang melalui udara dengan helikopter dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Peninjauan menhub tersebut untuk memastikan jalur mudik bisa dilalui pemudik dengan selamat, lancar, serta nyaman dan apabila ada kekurangan bisa segera diatasi.

Pemerintah memperkirakan puncak mudik pengguna kendaraan bermotor terjadi pada Kamis (22/6) dan Jumat (23/6).

Pada Kamis (22/6) Jalan tol Cipularang dan Purbaleunyi, yang menghubungkan Cikampek dan Cileunyi, Jabar, mulai padat.

Berdasarkan pantauan, Kamis sore, kepadatan di jalan tol Purbaleunyi mulai terjadi di kilometer 154 atau mendekati gerbang tol Cileunyi yang menuju ke arah Nagreg.

Kepadatan tersebut didominasi oleh mobil pribadi dan bus, terutama yang menuju Garut, Tasikmalaya, maupun kota-kota di Jawa Tengah bagian selatan.

Sementara itu, kepadatan lalu lintas juga terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Kamis pagi.

Sejumlah fasilitas "parking bay" yang terdapat di kilometer 18, 41, dan 58 tol Jakarta-Cikampek tidak terlalu banyak dimanfaatkan oleh pengguna jalan.

Untuk diketahui, sejumlah tempat istirahat di jalan tol Jakarta-Cikampek menyediakan fasilitas khusus untuk melayani para pemudik, di antaranya posko kesehatan dan gerai penjualan uang elektronik.

Pengelola tol Jakarta-Cikampek memprediksi puncak volume kendaraan mudik Lebaran 2017 akan terjadi pada Jumat (23/6) atau H-2.

KATA KUNCI : , , ,