Peristiwa

Tiga tempat wisata libur Lebaran di ibu kota

13.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:58
25 JUN 2017
Dok. Pantai Ancol.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Setelah sebulan berpuasa Ramadhan, umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah pada Minggu (25/06/2017). Selain bersilaturahim ke sanak saudara, warga biasanya juga merayakan libur Lebaran dengan bertamasya bersama keluarga.

Bagi warga ibu kota dan sekitarnya, ada beberapa tempat rekreasi yang patut dipertimbingkan untuk berlibur bersama keluarga, seperti Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah.

Ancol masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta yang ingin menikmati libur Lebaran. Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Rika Lestari di Jakarta, Minggu, mengatakan, hingga pukul 13.00 WIB jumlah pengunjung sudah mencapai sekitar 30 ribu orang.

"Kami perkirakan akan ada peningkatan pengunjung dibanding hari biasa. Hari ini perkiraannya seperti di akhir pekan yaitu kisaran 60 sampai 70 ribu orang," kata Rika, dikutip dari Antaranews.

Dunia Fantasi dan Sea World menjadi wahana favorit bagi pengunjung. Selain itu, Pantai Indah Ancol dan Pantai Ancol Lagoon juga cukup ramai didatangi pengunjung yang bermain air dan bersantai di pinggir pantai.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pengelola Taman Impian Jaya Ancol menyediakan sejumlah fasilitas pendukung gratis seperti Kereta Wisata Sato-Sato yang memiliki rute sepanjang 3,6 kilometer dari Pantai Carnival hingga Dunia Fantasi.

Selain itu ada Bus Wara-Wiri yang disediakan gratis bagi para pengunjung untuk berkeliling di Ancol.

Pengunjung bisa menggunakan fasilitas Bus Wara-Wiri dan Kereta Wisata Sato-Sato dari halte dan stasiun di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol.

Salah satu pengunjung, Andreas, merasa terbantu dengan adanya fasilitas Bus Wara-Wiri untuk berkeliling dari satu wahana ke wahana yang lain.

"Saya ingin ke Pantai Ancol Lagoon 1. Cukup jauh ke timur," kata Andreas ketika menunggu bus di halte dekat Pantai Indah Ancol.

Sementara itu, bagi Pak Udi, penyedia jasa perahu sampan tradisional khas betawi di pesisir Ancol, jumlah pengunjung Ancol pada hari lebaran pertama masih tergolong normal seperti di akhir pekan.

"Biasanya mulai ramai pada lebaran hari kedua atau ketiga," kata Udi.

Selain di Ancol, puluhan bahkan ratusan ribu orang juga memadati kawasan wisata Ragunan untuk melihat koleksi berbagai macam satwa, seperti gajah, jerapah, singa dan kudanil.

Tahun lalu, total pengunjung Ragunan mencapai 800 ribu orang yang datang dari sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pihak pengelola menargetkan 700 ribu pengunjung selama masa libur Lebaran tahun ini yang berlangsung pada 25 Juni hingga 2 Juli mendatang.

Untuk memenuhi target tersebut, Ragunan akan buka mulai pukul 06.00 selama libur Lebaran dengan harga tiket tetap sama seperti hari biasa, yakni Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Sementara itu, pada H+4 Lebaran tahun lalu, 60 ribu pengunjung memadati kawasan TMII yang terletak di Jakarta Timur. Pengunjung diperkirakan akan kembali membanjiri TMII selama masa libur Lebaran tahun ini meski harga tiket masuknya lebih mahal dari hari biasa menjadi Rp15 ribu.

Mengusung tema "Liburan di TMII Lepas Rindu Kampung Halaman", pengelola berharap kawasan wisata yang memiliki miniatur kepulauan nusantara, anjungan rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia dan teater Keong Emas dapat mengobati rasa rindu para pengunjung yang tahun ini tidak dapat mudik ke kampung halaman.

KATA KUNCI : , , , ,
Peristiwa