Politik

Agus ingin bangun rusun gratis

1.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:02
27 DES 2016
Salah satu rusun di Jakarta. Foto: Antara
Editor
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono berangan-angan membangun rumah susun bagi warga Jakarta tanpa harus membayar sewa setiap bulan alias gratis. 

"Saya menawarkan program rumah rakyat, yakni mengubah dari horizontal housing menjadi vertical housing, tetapi tidak jauh-jauh dari tempat mereka tinggal saat ini, dan mereka tidak menyewa, tapi memiliki rusun itu," kata Agus di sela kegiatan kampanye di Kampung Pulo, Jakarta, seperti dilansir Antara, hari ini.

Saat ini banyak rumah susun sewa yang lokasinya tidak strategis, sehingga sulit dijangkau oleh masyarakat. Akibatnya, warga menolak tinggal di Rusunawa dan memilih menempati kawasan-kawasan liar yang sejatinya bukan diperuntukan untuk pemukiman, seperti bantaran sungai. 

Agus mengatakan, nantinya rumah warga yang ada saat ini dikonversikan menjadi sebuah kepemilikan rumah susun yang akan dibangun.

"Jadi nanti masyarakat memiliki rumah susun tersebut, bukan menyewa. Karena kalau menyewa, mereka sudah kehilangan tempat tinggalnya, kehilangan tanahnya, kehilangan mata pencahariannya, bagaimana mereka mau bayar sewa," ujar Agus.

Agus juga berjanji menyediakan sebuah tempat usaha di rumah susun, agar warga memiliki usaha sendiri.

Dalam kampanyenya di Kampung Pulo, Agus mendengarkan keluhan warga yang mengalami penggusuran tanpa musyawarah terlebih dahulu. Meski sudah direlokasi ke rumah susun, tetapi warga yang kehilangan mata pencaharian mengaku kesulitan membayar sewa rumah susun.

"Punyakah kita hati melihat kenyataan seperti ini. Kita ini bicara masyarakat kita sendiri, masyarakat Indonesia yang harus diperhatikan," ujar Agus.

Terbaru
15 Juni 2017 | 14:53
Usai dilantik, Djarot temui Ahok
13 Juni 2017 | 15:09
DPR berhak mengawasi KPK
9 Juni 2017 | 18:28
Djarot dilantik 15 Juni
Politik