Politik

Protes pemerintah, mahasiswa rencanakan aksi besar-besaran 12 Januari

20.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
06:14
10 JAN 2017
Dok. Aksi mahasiswa
Reporter
Imam Bashori
Sumber
Rimanews

Rimanews - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia  berencana menggelar aksi serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 12 Januari mendatang untuk memprotes kenaikan harga BBM dan tenaga kerja asing asal Cina.

"Kami tetapkan aksi 121 sebagai aksi serentak mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia sebagai aksi bela rakyat," kata Koordinator Pusat BEM SI Bagus Tito Wibisono.

Sejak awal tahun ini pemerintah telah menaikkan harga BBM nonsubsidi hingga Rp 300 rupiah per liter. Sementara tenaka kerja asal Cina terus menjadi pemberitaan media.

Bagus menjelaskan, aksi mereka akan digelar di beberapa titik yaitu di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Bagus menilai, jika hari ini pemerintah sewenang-wenang dalam menetapkan kebijakan, serta saling lempar-melempar tanggung jawab, maka hanya ada satu kata adalah melawannya.

"Harga-harga naik di awal tahun 2017, menunjukan prospek dan kualitas kerja pemerintah yang nyata memeras rakyatnya. Rezim kali ini seakan main-main, memerintah negara yang kualitasnya bukan main, sehingga harga diri bangsa serta kesejahteraan rakyat jauh dari kata bahagia," ujarnya.

Maka itu, dirinya kembali menyerukan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk turun ke jalan, ramaikan jalanan dan buatlah parlemen jalanan. Jika hari ini parlemen sesungguhnya lemah dalam memanggul amanah.

"Turunlah ke jalan. Ramaikan jalanan dan tetaplah menjadi singa di jalanan. Maka tetapkanlah, jika pemerintah masih bercanda mengelola negara maka reformasi jilid 2 harus menggelora," katanya.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
15 Juni 2017 | 14:53
Usai dilantik, Djarot temui Ahok
13 Juni 2017 | 15:09
DPR berhak mengawasi KPK
9 Juni 2017 | 18:28
Djarot dilantik 15 Juni
Politik