Politik

Jumlah pemilih di Pilkada Tasikmalaya melebihi DPT

1.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:17
16 FEB 2017
Ilustrasi Pilkada Serentak
Editor
Stefanus Yugo
Sumber
Rimanews

Rimanews - Jumlah pemilih di Pilkada Kota Tasikmalaya pada pelaksanaan pilkada serentak, kemarin melebihi daftar pemilihan umum yang telah ditetapkan pada 6 Desember 2016

"Ada sekitar empat ribuan pemilih bertambah dari jumlah DPT," kata Ketua KPU Kota Taskmalaya Cholis Muchlis kepada wartawan di Tasikmalaya, seperti dikutip dari Antara, hari ini.

Pilkada KOta Tasikmalaya diikuti tiga pasang calon yakni Dicky Candranegara-Denny Romdony maju, Budi Budiman-Muhammad Yusuf, dan Dede Sudrajat-Asep Hidayat.

Menurut Muchlis, berdasarkan DPT awal, jumlah pemilih di Tasikmalaya 474.061 orang. Namun, kemarin, jumlah pemilih tercatat sebanyak 478.199 orang.

Bertambahnya jumlah pemilih sebanyak 4.138 orang itu, kata Muchlis, karena sebelumnya warga yang memiliki hak pilih tidak tercatat pada penetapan DPT, 6 Desember 2016.

Selama kurun waktu penetapan sampai hari pencoblosan, kata dia, ada warga yang memasuki usia hak pilih, pendatang, atau warga baru pindah ke Kota Tasikmalaya.

Menurut dia, orang tersebut berhak menyalurkan hak suaranya selama memenuhi persyaratan seperti memiliki surat keterangan resmi kartu tanda penduduk maupun kartu keluarga yang diterbitkan Dinas Kependudukan Kota Tasikmalaya.

"Pindahnya sesuai prosedur, punya surat keterangan resmi dari Disduk, sah untuk memilih," katanya.

Dikatakannya, dugaan warga luar daerah yang sengaja pindah ke Kota Tasikmalaya untuk memilih, kata Cholis, bisa saja terjadi. Dia mencontohkan, calon Wali Kota Tasikmalaya Dicky Chandra.

Dicky, kata dia, sebelumnya berdomisili di Bogor dapat menyalurkan hak suaranya. "Dicky Chandra jadi warga Kota Tasikmalaya H-1. Kami tidak bisa melarang orang yang mau pindah, itu hak mereka," katanya.

Berdasarkan catatan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya setiap harinya jumlah warga yang datang mencapai 50 orang, sedangkan yang keluar daerah sebanyak 30 orang setiap harinya. "Dari 50 itu pemilihnya 25 orangan," katanya.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
25 Maret 2017 | 12:06
Malaysia deportasi 43 TKI
25 Maret 2017 | 07:01
Ahok sebut Sandiaga Uno memfitnah