Politik

Ridwan Kamil: Pilkada Jabar akan kreatif dan santun

12.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
02:00
22 APR 2017
Editor
Dhuha Hardiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil yang diusung sebagai kandidat cagub Jabar 2018 oleh Partai Nasdem optimistis pelaksanaan Pilgub Jawa Barat 2018 akan berlangsung kreatif dan santun.

"Pilgub Jawa Barat 2018, Insya Allah akan berjalan baik sesuai harapannya. Di Jabar mah harus santai, kreatif, santun, jualan gagasan. Saya yakin kita bisa berkompetisi dengan cara baik-baik, santun," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada Rakorda II Tahun 2017 DPD Partai Hanura Jabar, di Kota Bandung, Jumat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini memasang dua syarat utama terkait pengusungnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. 

"Saya mah tidak ingin berkompetisi dalam ajang tersebut jika mengedepankan cara-cara kotor," kata dia.

Ia menuturkan syarat pertama adalah dirinya ingin menang dengan akhlak yang baik dan melalui syarat ini dirinya meminta partai dan pihak pengusung lainnya agar tidak melakukan kampanye hitam dan saling menjelekkan.

"Jadi jangan bully-bully-an, jangan black campaign. Saya ingin menang dengan cara ilmiah, yakni beradu gagasan terkait program pembangunan. Menang dengan gagasan, jangan nginjek kepala orang. Menang dengan ilmu, jangan jarambah," katanya

Menurut dia jika seluruh kandidat meraih kemenangan dengan cara seperti itu, menurutnya kualitas demokrasi akan semakin baik. "Sehingga Demokrasi di Indonesia akan naik kelas," katanya.

Ia menuturkan harapan akan kualitas demokrasi ini mengacu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 ini. 

Emil menilai, jalannya pelaksanaan pilkada di Jakarta belum menunjukkan kualitas yang bagus. "Kalau masih seperti pilkada Jakarta, peradaban demokrasi Indonesia belum naik kelas," katanya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, dirinya ingin memenangkan Pilgub Jawa Barat 2018 tanpa menggunakan cara-cara yang memecah belah.

Sehingga ia berjanji akan menggunakan cara-cara yang santun jika dirinya jadi maju dalam Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang.

"Pokoknya jangan dengan cara yang memecah belah, jangan panas, jangan tebarkan kebencian kepada satu sama lainnya," kata dia.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
21 April 2017 | 18:15
Anies ajak warga bersatu
21 April 2017 | 10:06
Ahok keok, PPP Romi gaduh
21 April 2017 | 08:18
Anies: Jakarta baru dimulai
21 April 2017 | 06:00
Baju kotak-kotak hilang kesaktian