Politik

Isu Minahasa Merdeka ancaman serius

8.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:23
16 MEI 2017
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais menyatakan keinginan sebagian masyarakat Minahasa untuk merdeka adalah ancaman serius.

"Pernyataan merdeka itu bukan pernyataan anekdot, itu pernyataan serius, apalagi ini dikaitkan dengan peristiwa politik yang ada di Jakarta maupun kunjungan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pekan lalu," kata Hanafi di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/05/2017).

Oleh karena itu, ia meminta aparat untuk mengusut siapa aktor di balik keinginan Minahasa Merdeka itu.

"Mustinya ditelusuri oleh aparat penegak hukum maupun intelijen, siapa aktor di balik ini, yang menggunakan momentum untuk berbuat makar terhadap negara dengan memisahkan diri dari Indonesia," kata politisi PAN itu.

Ancaman serius terkait Minahasa Merdeka, sambungnya, bisa dilihat saat Yogyakarta mau merdeka kalau UU Keistimewaan Yogyakarta dibatalkan.

"Itu persoalan serius. Jadi jangan dianggap sekadar luapan anekdot, luapan sementara, tapi itu harus diseriiusi, siapa orangnya, apa lembaganya, siapa yang mendanai," ujar anak Amies Rais itu.

"Kalau ada anasir-anasir yang mengatakan mau merdeka, itu harus ditelisik secara seirus. Jangan dianggap angin lalu, karena potensi separatisme muncul dari yang kecil-kecil semacam itu. Kalau ini dibiarkan nanti dibaca oleh orang, oh pemerintah Indonesia ini gampang meminggirkan isu," sambungnya.

Bahkan, katanya, apabila isu Minahasa Merdeka dibiarkan, akan ada pihak-pihak yang memanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Terbaru
15 Juni 2017 | 14:53
Usai dilantik, Djarot temui Ahok
13 Juni 2017 | 15:09
DPR berhak mengawasi KPK
9 Juni 2017 | 18:28
Djarot dilantik 15 Juni
Politik