Politik

Amien Rais ajak warga dinginkan suasana

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:03
16 MEI 2017
Editor
Dhuha Hardiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengimbau masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta, mendinginkan suasana untuk menjaga persatuan.

"Pilkada DKI Jakarta sudah selesai. Kalau saat pilkada suasananya hangat, sekarang sudah selesai, agar masyarakat mendinginkan suasananya dengan bersatu kembali," kata Amien Rais, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/05/2017).

Amien Rais juga berharap kepada pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dapat mengatasi suasana panas yang terjadi di tengah masyarakat DKI Jakarta.

Namun, upaya meredakan suasana panas ini, kata dia, juga ada dukungan dan kesadaran bersama dari seluruh masyarakat DKI Jakarta.

"Anies dan Sandi sudah bertemu langsung dengan Ahok, setelah hitung cepat pada pilkada DKI Jakarta diumumkan. Saya harapkan di tingkat masyarakat juga saling berupaya untuk bersatu mengutamakan persatuan bangsa," katanya.

Menurut dia, seusai pilkada maka perbedaan pilihan harus ditinggalkan dan semua pihak agar kembali mendinginkan suasana dan bersatu untuk sama-sama membangun Jakarta.

Mantan Ketua Umum PAN ini menjelaskan, pilkada adalah proses pemilihan pemimpin dan pemimpin DKI selama lima tahun ke depan sudah terpilih, hendaknya seluruh masyarakat DKI Jakarta dapat menerimanya dan mendukung program kerjanya.

Pada kesempatan tersebut, Amien juga mengingatkan para elite politik dari kedua kubu pada pilkada DKI Jakarta, untuk sama-sama berperan aktif mendinginkan suasana, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Media sosial hendaknya jadi sarana untuk bersatu dan bukannya dimanfaatkan untuk saling serang," katanya.

Amien juga mengingatkan, Indonesia adalah negara demokrasi dan di negara demokrasi, kultur politik yang dibangun, pasangan pemimpin yang menang tidak jumawa, sebaliknya pasangan calon pemimpin yang tidak harus berjiwa besar menerimanya.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
15 Juni 2017 | 14:53
Usai dilantik, Djarot temui Ahok
13 Juni 2017 | 15:09
DPR berhak mengawasi KPK
9 Juni 2017 | 18:28
Djarot dilantik 15 Juni
Politik