Politik

Pemerintah target pertumbuhan ekonomi 5,4-6,1 persen pada 2018

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:59
19 MEI 2017
Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menteri Keuangan, Sri Mulyani menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 sampai 6,1 persen meskipun keadaan tidak menentu dan penuh ketidakpastian.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani dalam pidato pengantar dan keterangan pemerintah atas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun anggaran 2018 pada Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (19/05/2017).

"Walaupun dihadapkan berbagai kendala dan ketidakpastian, pemerintah tetap berupaya keras. Tahun 2018, pemerintah telah menetapkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 sampai 6,1 persen," kata Sri Mulyani.

Katanya, target tersebut diarahkan untuk mendorong pemerataan pertumbuhan di kawasan Timur Indonesia, kawasan perbatasan dan daerah-daerah tertinggal.

"Ketimpangan horizontal saat ini masih ada, di mana perekonomian masih terpusat di Pulau Jawa dengan cakupan 60 persen dari total PDB," kata mantan Direktur Bank Dunia itu

Dalam rangka pertumbuhan ekonomi yang inklusif itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga perlu dijaga terus. Oleh karena itu, pemerintah berupaya keras menjaga laju inflasi guna menjaga menjamin daya beli masyarakat.

"Tahun 2018, pemerintah berupaya menjaga inflasi pada rentang 3,5 persen. Tingkat inflasi yang rendah tidak saja mendorong perekonomian domestik menjadi lebih efisien dan berdaya saing tapi juga menjamin kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehingga tercipta kesejahteraan," kata Sri Mulyani.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
19 Mei 2017 | 12:48
Djarot: OK OCE enggak jelas