Politik

Pemprov terima donasi 20 ribu buku untuk RPTRA

2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:29
09 JUN 2017
Dok. Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan akan membagikan buku donasi dari The Asia Foundation, ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta.

"Hari ini kami menerima donasi buku dari The Asia Foundation dan nanti akan dibagikan ke seluruh RPTRA. Harapan saya sih semua RPTRA itu dapet ya, karena ada 20 ribu lebih eksemplar buku, jadi semua RPTRA akan kami berikan, karena semua RPTRA itu ada perpustakaannya," kata Djarot kepada wartawan di Balaikota, Jakarta Pusat, hari ini.

Dia mengucapkan terimakasih kepada pihak The Asia Foundation karena telah mendonasikan banyak buku. "Saya ucapkan terimakasih kepada ibu Sandra Hamid beserta seluruh jajaran The Asia Foundation, yang telah mendonasikan lebih dari 20 ribu buku yang sudah kami seleksi, dan insya Allah semoga bermanfaat bagi anak-anak kita," sambungnya.

Djarot menyampaikan, saat ini Jakarta sudah membangun 198 RPTRA. "Dan tahun ini akan segera selesai 100 RPTRA, berarti ada 298 RPTRA. Sebetulnya target kami, minimal satu Kelurahan itu ada satu RPTRA. Dan sekarang satu Kelurahan bisa ada dua atau tiga RPTRA, karena basisnya RPTRA itu nanti di tingkat RW, terutama di RW-RW yang padat penduduk," imbuhnya.

Selain taman bermain, kata Djarot, RPTRA bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia semenjak dini. 

"Perlu diketahui, anak-anak di Jakarta yang berusia di bawah 9 tahun berjumlah 2,5 juta anak. Artinya hampir seperempat penduduk Jakarta adalah anak-anak. Apabila kita meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini, maka nanti 20 tahun, 15 tahun yang akan datang akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, pekerja keras, dan siap untuk bersaing serta siap untuk mengelola kekayaan republik ini dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, donasi buku dari The Asia Foundation ini semoga akan sangat bermanfaat dan berguna bagi anak-anak kita," jelas Djarot.

Djarot menambahkan, keberadaan RPTRA juga bisa dijadikan sebagai tempat membaca. "Kalau disampaikan tadi buku adalah jendela dunia, maka berarti kita harus menjadikan RPTRA sebagai tempat membaca yang sehat. Tempat bagi anak-anak, tempat bagi ibu-ibu, tempat bagi warga di sekitar RPTRA untuk bisa membuka jendela dunia," tuturnya.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
15 Juni 2017 | 14:53
Usai dilantik, Djarot temui Ahok
13 Juni 2017 | 15:09
DPR berhak mengawasi KPK
9 Juni 2017 | 18:28
Djarot dilantik 15 Juni
Politik