News Law

PKS janji berantas korupsi jika Prabowo kalahkan Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

PKS janji berantas korupsi jika Prabowo kalahkan Jokowi Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pipin Sopian. (Foto: M. anzar)

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pipin Sopian menegaskan partainya akan berkomitmen memberantas kasus korupsi jika Prabowo-Sandi menang dalam pilpres dan pemilu 2019. 

Hal tersebut menanggapi pernyataan calon presiden RI Prabowo Subianto yang mengatakan korupsi di Indonesia sudah memasuki stadium 4 (kronis).

"Kami punya komitmen bahwa pak Prabowo menang pada pilpres 2019 maka kita ingin korupsi itu diberantas," ujarnya di gedung DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu malam (28/11/2018).

Dia mengharapkan jika Prabowo menang dalam pilpres 2019, koalisinya akan memberantas kasus korupsi tanpa tebang pilih, sebab menurut Pipin di pemerintahan Jokowi hal tersebut masih diberlakukan.

"Pak Prabowo diharapkan dapat memberantas korupsi, tidak ada lagi misalnya sebagai pemerintah dan partai pendukung malah mempersoalkan Pansus-nya KPK seperti yang kemarin terjadi di Jokowi," jelasnya.

Lebih lanjut, Pipin sependapat dengan perkataan Prabowo bahwa Indonesia sedang bermasalah dalam penanganan kasus korupsi, sebab indeks pelanggaran kasus korupsi masih tinggi.

"Jadi kalau kita melihat indeks korupsi kita memang masih tinggi, ya. Sebetulnya, beliau ingin mengungkapkan bahwa memang kondisi korupsi di Indonesia sedang bermasalah," tegasnya.

Menurutnya, potensi penyalahgunaan anggaran APBN dan APBD sebesar 30 persen, sehingga tak menutup kemungkinan jika masih banyak politisi yang akan terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK.

"Walaupun KPK tetap bergerak, tak menutup kemungkinan potensi korupsi ada di mana-mana. Potensi penyalahgunaan anggaran menurut Menpan itu diangka 30 persen dari APBN dan APBD," jelasnya.

Sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melihat kasus korupsi di Indonesia sudah sangat masif dan merajalela. Bahkan, jika dianalogikan sebagai penyakit kanker, kasus korupsi sudah di level stadium 4.

"Isu utama di Indonesia sekarang adalah maraknya korupsi, yang menurut saya sudah seperti kanker stadium empat," kata Prabowo saat menjadi pembicara di The World in 2019 Gala Dinner di Grand Hyatt Hotel, Singapura, Selasa (27/11/2018).

Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
PDIP minta Anies siaga hadapi bencana
Aktivis tunggu Prabowo minta maaf ke umat Islam
Fetching news ...