News Law

Jadi provokator pemberontakan, wanita Australia ditangkap

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Jadi provokator pemberontakan, wanita Australia ditangkap

Ronda Amy Harman (37), warga negara asing asal Australia yang beberapa waktu lalu diduga menjadi salah satu panitia pelaksanaan HUT West Papua di Surabaya, akhirnya ditangkap oleh aparat Imigrasi Kelas 1, Kota Surabaya.

Pencekalan yang dilakukan pada Senin (03/12/2018) itu didasari oleh Perundang-undangan Keimigrasian. Dari hasil pemeriksaan, perempuan yang kerap mengaku sebagai Wanda tersebut diduga telah menjadi aktor aksi separatisme di Pulau Jawa dan Bali.

Tidak hanya itu, selama berada di Indonesia, tepatnya di Pulau Bali, kedatangan Wanda disambut oleh seorang warga Papua yang diketahui bernama Victor. Ketika berada di Surabaya, Wanda juga mengaku menginap di sebuah rumah tinggal yang berlokasi di Jalan Dharma Husada, Kota Surabaya.

“Selama diperiksa di ruang Imigrasi Kelas 1, Surabaya, Wanda diduga telah sengaja menghilangkan beberapa bukti-bukti yang disinyalir kuat berhubungan dengan berbagai aksi separatism,” kata Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto.

Wanda mengaku jika sebagian barang-barang pribadinya telah dicuri ketika dirinya berada di asrama mahasiswa Papua yang berada di Jalan Kalasan, Kota Surabaya.

Sebelumnya, Wanda masuk ke Indonesia melalui bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, dengan menggunakan pesawat Jet Star dengan nomor penerbangan JQ-0116 tujuan Australia-Bali dari Perth, Australia pada tanggal 27 Nopember 2018. Selama berada di Indonesia, Wanda diketahui telah menggunakan pasport dengan jenis izin Bebas Kunjungan yang dibuat pada tanggal 18 Oktober 2018, lalu.

Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
PDIP minta Anies siaga hadapi bencana
Aktivis tunggu Prabowo minta maaf ke umat Islam
Fetching news ...