News Law

DPR minta Kemendagri ungkap e-KTP tercecer

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

DPR minta Kemendagri ungkap e-KTP tercecer "Kita menghimbau Mendagri untuk lebih serius mendalami kasus ini, kalau perlu dibentuk tim," Bambang Soesatyo.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau Kementerian Dalam Negeri untuk serius dalam mengungkap dalang KTP elektronik yang tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia mengatakan Komisi II DPR RI sudah sering meminta untuk dibentuk Pasukan Khusus (Pansus) guna membantu mendalami kasus tersebut.

"Ya justru kita menghimbau Mendagri untuk lebih serius mendalami kasus ini, kalau perlu dibentuk tim, karena suara-suara di Komisi II sudah hampir nyaring juga untuk membikin semacam pansus," kata Bamsoet saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Bamsoet mengatakan jika Mendagri dapat menyelesaikan kasus ini dengan baik, Komisi II DPR RI tak perlu mendorong untuk membentuk pansus. Ia mengatakan kasus KTP elektronik tercecer sering terjadi. Ia juga mendorong Komisi II memanggil Kemendagri beserta perusahaan pengadaan KTP elektronik.

"Ini harus menjadi perhatian serius. Kami sudah minta Komisi II untuk memanggil pihak-pihak terkait termasuk juga perusahaan pengadaan KTP elektronik," ujarnya.

Selanjutnya, Bamsoet mendesak kasus KTP elektronik ini tidak dijadikan isu politik menjelang Pemilu 2019. 

"Supaya tidak dipolitisasi, tidak dijadikan isu politik menjelang pemilu," pungkasnya.

Sebelumnya, Polsek Duren Sawit menyita semua KTP elektronik yang ditemukan warga di Karya Bakti VI, tepatnya di depan musala RT 03 RW 011 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Semua KTP elektronik itu ditemukan warga sekitar yang tercecer di jalan.

Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan pihaknya masih menghitung jumlah KTP yang tercecer. Ia mengatakan masih 1/4 karung yang ditemukan.

Selain itu, Suta menduga KTP elektronik itu tercecer saat perusahaan pengadaan KTP elektronik mau mengantarnya ke Dukcapil. Ia mengatakan pihaknya masih mendalami kasus tersebut.

TKN pastikan Jokowi-Ma'ruf hadirkan suasana menggembirakan
Gerindra minta KPU tak tanggapi laporan pelanggaran kampanye pidato Prabowo
Pendukung mulai adu yel-yel jelang debat
Massa geruduk Istana desak pengadilan HAM Ad Hoc untuk Prabowo
KPK panggil lima anggota DPRD Bekasi terkait Meikarta
Pimpinan DPR harap debat capres dan cawapres berjalan natural
Pendukung Jokowi dan Prabowo gelar nobar debat capres
Nissa Sabyan unggah foto bareng Sandi bikin penggemar keki
Jelang debat, Ma'ruf Amin latihan dan terima masukan pakar
PPP sarankan Ma'ruf Amin masukkan perspektif agama dalam debat
Polemik pembangunan tol, Fahri Hamzah: Itu punya swasta
IHSG diprediksi menguat, perhatikan rekomendasi saham ini
Cinta dan kemandirian
Segmen debat capres yang bakal paling menarik
Jokowi-Ma'ruf tak akan tanya kasus personal Prabowo saat debat
Fetching news ...