News Law

Meski BPIH tak naik, pemerintah diminta berikan pelayanan lebih baik

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Meski BPIH tak naik, pemerintah diminta berikan pelayanan lebih baik

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bambang Budi Santoso meminta pemerintah melalui Kementerian Agama RI supaya memberikan perlindungan dan pelayanan yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Menurutnya, ketidaknaikan biaya ibadah Haji tahun ini tidak boleh mengabaikan peningkatan pelayanan terhadap jemaah.

“Meskipun biaya tidak naik, pelayanan harus tetap maksimal. Ini adalah bagian dari tanggung jawab negara dan juga DPR untuk memberi yang terbaik bagi rakyat,” kata Bambang di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/02/2019).

Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Agama RI telah menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019 rata-rata sebesar Rp35.235.602. Angka tersebut tidak mengalami kenaikan dari BPIH tahun 2018.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan bahwa negara memiliki dana yang cukup, yang sekarang ini dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH). Sampai akhir tahun 2018 lalu, jumlah dana haji secara keseluruhan termasuk Dana Abadi Umat (DAU) mencapai Rp 113 triliun.

Dengan angka yang sebesar itu, sambung Bambang, bila ada kenaikan pun, itu masih dalam batas yang sangat wajar dan sangat rasional. Mungkin saja tahun mendatang kenaikan atau bahkan penurunan biaya haji bisa saja terjadi tergantung kemampuan pengelolaan anggaran oleh BPKH.

“Komitmen yang kita bangun sekarang ini adalah untuk rakyat. Jemaah haji kita kebanyakan dari desa, dari buruh, tani dan nelayan, sehingga ketidaknaikan ini sangat berarti sekali buat mereka,” tegas Bambang.

Sementara itu, terkait perekaman data biometrik yang dianggapnya merupakan salah satu titik rawan dalam penyelenggaraan ibadah haji, Bambang berharap tidak menjadi syarat pembuatan Visa.

“Kami minta dengan sangat Kementerian Agama mendesak Kerajaan Arab Saudi supaya pembuatan biometrik tidak dikaitkan dengan visa seperti halnya tahun yang lalu. Sehingga, semua yang sudah kita siapkan dengan baik itu bisa kembali baik seperti tahun yang lalu,” tegas Bambang.

Sebelumnya, Panita Kerja (Panja) berhasil mencari solusi dengan mengoptimalkan dana setoran awal dari calon jamaah haji. Ia mengatakan pelaksanaan haji tahun 2017 dan 2018 menghasilkan sejumlah dana hasil, sehingga akumulasi dari kedua dana tersebut membuat biaya haji tahun 2019 tidak naik.

Selanjutnya, ditetapkannya biaya penyelenggaraan haji ini, akan disusul dengan diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres). Kemudian, setelah Keppres diterbitkan, calon jemaah haji yang ditetapkan berangkat tahun ini bisa segera menghubungi bank penerima setoran masing-masing untuk melunasi biaya haji selisih dari setoran awal sebesar Rp25 juta dengan rata-rata Rp35.235.602.

Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
GARBI: Jangan golput, pilih saja figur yang berpengalaman
Jokowi-Ma'ruf kampanye terbuka perdana di Banten
Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Fetching news ...