Bawaslu ingatkan Sandiaga tak curi start kampanye di perguruan tinggi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Bawaslu ingatkan Sandiaga tak curi start kampanye di perguruan tinggi "Kan tidak boleh berpolitik praktis dalam pendidikan tinggi." - Rahmat Bagja

Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno untuk tidak berpolitik praktis dalam perguruan tinggi. Rahmat melanjutkan apabila kehadiran Sandiaga hanya sebatas memberi kuliah umum, tanpa membawa pesan-pesan kampanye politik, Bawaslu tak mempermasalahkannya.

"Kan tidak boleh berpolitik praktis dalam pendidikan tinggi. Silakanlah kalau Pak Sandi ingin kuliah umum silakan," kata Rahmat di Komplkes Parlemen, Jakarta, Senin (03/08/2018).

Rahmat meminta semua pihak yang akan berlaga di Pilpres 2019 untuk menahan diri. Ia mengatakan masa kampanye belum dimulai. Oleh karena itu, ia meminta kepada kedua pasang calon baik pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi menahan diri sekaligus simpatisannya.

"Kami harapkan semua pihak entah yang bakal calon dari Pak Jokowi-Ma'ruf, begitu juga Pak Prabowo dan Pak Sandi menahan diri simpatisannya. Ini kan sebelum kampanye sudah berkampanye di mana-mana," ujarnya.

Ia juga mengomentari kehadiran Sandiaga Uno di dua perguruan tinggi, salah satunya sempat ditemani ketua MPR Zulkifli Hasan. Zulhas saat itu sempat mempromosikan Sandiaga sebagai cawapres. Menurut Rahmat tindakan Zulhas tersebut sebaiknya dilakukan pada masa kampanye.

"Itu lebih baik pas (dilakukan) di masa kampanye," pungkasnya.

Sebelumnya, bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno hadir pada acara orientasi mahasiswa baru di sebuah kampus swasta di Jakarta, Rabu (29/08/2018). Saat itu, Sandiaga datang bersama Zulkifli yang mempromosikannya sebagai cawapres. Zulkifli juga menyinggung soal ganti presiden, meski tidak secara langsung.

Kemudian, Sandiaga mengisi kuliah perdana mahasiswa baru di universitas berbeda di Jakarta, Sabtu (1/09/2018). Ia didampingi politisi Partai Demokrat Andi Nurpati. Sandiaga pada saat itu tidak berbicara politik. Ia memberikan motivasi kepada para mahasiswa. Namun, Andi yang menemaninya yang menyinggung soal politik, khususnya mengenai Pilpres meskipun membantah berkampanye.

Erick Thohir: Jokowi akan beri solusi, bukan hanya janji
Fahri Hamzah harap Prabowo lebih agresif tanyakan janji Jokowi
Heboh, pendukung saling adu yel-yel menjelang debat
Demokrat: SBY tak lagi berpolitik
Sandiaga tak datang ke debat capres, ini penjelasan kubu Prabowo
Ganjar Pranowo datang di debat capres sebagai tokoh masyarakat
KPU tambah kuota tamu undangan untuk debat capres
Mantan bintang porno ini jadi caleg
JARI 98 jadi saksi dukungan warga Tangerang Selatan kepada Jokowi
Rizal Ramli sebut mobil Esemka alat politik Jokowi
Rizal Ramli: Jokowi impor pangan ugal-ugalan
Pidato Prabowo disebut klise, BPN samakan Prabowo dengan Bung Karno
Amerika Serikat rugi Rp38 triliun
Sempat ditolak, Prabowo akhirnya shalat Jumat
Kedengkian terhadap mantan picu impotensi
Fetching news ...